Masjid Al-Mustafa, Tertua di Kota Bogor

0 88

Masjid Al-Mustafa, Tertua di Kota Bogor

Tidak banyak yang tahu bahwa Kota Bogor memiliki masjid bersejarah yang dibangun pada abad ke 17. Masjid tua itu adalah Masjid Al-Mustofa, yang berlokasi di di pemukiman padat daerah Bantarjati yang dahulunya dikenal bernama Kampung Baru. Konon, Kampung baru ini adalah cikal bakal berdirinya Kota Bogor.

Masjid kuno ini memberikan sedikit sentuhan dari pendirinya, Tubagus Mustofa Bakri bin Tubagus Abdul Qodir yang memadukan arsitektural unsur Cirebon dan Banten. Makam sang pendiri, yang memiliki garis keturunan dari Sunan Gunung Jati, Cirebon, itu juga terletak tak jauh dari lokasi Masjid.

Saat ini, masjid yang dibangun pada 1728 itu dijaga dan dirawat oleh keturunan kelima dari Tubagus Mustofa, yaitu Mukti Nasir. Masjid tyang pada mulanya dibangun seluas 11 x 35 meter itu sekarang sudah diperluas menjadi 15 x 50 meter.

Sebagai bangunan cagar budaya, Masjid tertua di kota Bogor ini banyak dikunjungi berbagai wisatawan, baik dari dalam maupun mancanegara. Pada 2012 mesjid ini kedatangan tamu dari negara Yaman, Timur Tengah. Saat itu, tamu tersebut merasa terharu dan senang bisa mengunjungi mesjid tertua ini. Berbagai kegiatan keagamaan juga masih sering digelar di masjid ini seperti pengajian rutin, tadarusan, dan sebagainya.

Sekalipun sudah beberapa kali mengalami renovasi, corak asli dari bangunan masjid masih tetap dipertahankan, hanya saja materialnya disesuaikan mengikuti kebutuhan. Bangunan berupa tiang yang ada di dalam masjid misalnya, dulunya terbuat dari kayu jati dengan sembilan goresan yang menyimbolkan Walisongo, sekarang diganti menjadi beton meski tidak menghilangkan struktur maupun ornamen yang ada di dalamnya.

Source https://bimasislam.kemenag.go.id https://bimasislam.kemenag.go.id/post/berita/masjid-al-mustafa-tertua-di-kota-bogor
Comments
Loading...