Masjid Al-Mubaraq Riau

0 71

Lokasi Masjid Al-Mubaraq

Masjid Al-Mubaraq terletak di Kelurahan Merai, Kecamatan Meral, Kabupaten Karimun, Propinsi Kepulauan Riau.

Masjid Al-Mubaraq

Sesuai sejarah, seorang tokoh agama, Raja Sirwansyah atau yang akrab disapa Raja Iwan mengatakan, pelabuhan pertama di Karimun berada di depan Masjid Al-Mubaraq, Meral. Karena di daerah Meral itu adalam tempat kapal para saudagar dari Arab, China dan India singgah dan mengumpulkan rempah-rempah.

Justru itu, para saudagar mengembangkan syiar agama Islam dan membangun masjid. Setelah selesai dibangun, Masjid Al-Mubaraq menjadi masjid pertama untuk di Pulau Karimun. Untuk di Kepri, masjid ini tertua ketiga, setelah Masjid Raja Abdul Rani di Pulau Buru. Dahulunya Masjid Al-Mubaraq di Meral menjadi pusat pengembangan dan menjalankan syiar Islam, sebagai pemerintahan dan pusat perdagangan. Namun sejalan dengan perkembangan zaman, pusat perdagangan sudah menyebar di seluruh wilayah Kepri. Saat ini Masjid Al Mubaraq diurus oleh keturunan dari Raja Abdullah.

Dari catatan sejarah, pembangunan Masjid Al-Mubaraq membutuhkan waktu sekitar 3 tahun. Pembangunan masjid yang bercorak Arab, China dan India ini pernah digunakan oleh seorang saudagar yang singgah kala itu, untuk menunaikan salat lima waktu.

Masjid bersejarah ini dibangun dengan bahan yang unik. Bangunan masjid itu tidak dibangun dengan bahan material bangunan seperti masa sekarang. Tapi, dibangun dengan campuran tanah liat dengan putih telur. Sama dengan bahan pembangunan Masjid Raya Sultan Riau, di Pulau Penyengat.

Source https://gpswisataindonesia.info/ https://gpswisataindonesia.info/2016/03/masjid-al-mubaraq-karimun-kepulauan-riau/
Comments
Loading...