Masjid Al-Manar Bengkulu

0 307

Lokasi Masjid Al-Manar

Masjid Al-Manar terletak di perkampungan nelayan Pasarbawah, Manna, Bengkulu Selatan.

Masjid Al-Manar

Tempat wisata di Bengkulu Selatan yang khusus untuk wisata religi adalah Masjid Al-Manar. Masjid ini dibangun pada tahun 1902 yang diprakarsai oleh seorang Ulama penyebar agama Islam di Bengkulu Selatan ketika itu. Syech Muhammad Amin yang makamnya pun juga berada di dalam lingkungan Masjid Al-Manar. Masjid yang memiliki menara setinggi 13 meter ini sebelumnya hancur ketika terjadi benca gempa bumi pada tahun 2000 silam. Jadi kini hampir mayoritas bangunan Masjid Al-Manar adalah bangunan baru.

Selain menara, di area kompleks Masjid Al-Manar juga terdapat makam Syech Muhammad Amin, salah seorang tokoh penyebar agama Islam di Bengkulu Selatan yang memprakarsai pembangunan Masjid Al-Manar. Letaknya tepat di sebelah kanan masjid berdampingan dengan menara.

Makam dipayungi cungkup setinggi dua meter dan luas sekitar tiga meter. Ada yang unik dari makam ini, tembok cungkup memiliki ketebalan sekitar 30 centimeter kian memperkuat eksistensi bangunan era kolonial.

Masjid Al-Manar ternyata memiliki banyak peranan penting bagi umat Islam di Indonesia. Inilah saksi bisu perkembangan peradaban Islam di Nusantara, khususnya Tanah Serawai (julukan Bengkulu Selatan karena mayoritas budaya lokal masyarakatnya adalah suku Serawai). Tertulis di papan kayu bercat putih yang tergantung di depan makam, masjid tersebut didirikan pada tahun 1323 Hijriah atau tahun 1902 dalam kalender Masehi.

Source https://ramadhan.antaranews.com/ https://ramadhan.antaranews.com/berita/385782/masjid-al-manar-bukti-penyebaran-islam-di-tanah-serawai
Comments
Loading...