Masjid Al Makmur Raden Saleh Cikini

0 253

Lokasi Masjid Al Makmur Raden Saleh

Masjid Al Makmur Raden Saleh terletak di Jl Raden Saleh No. 30, Cikini, Jakarta Pusat.

Masjid Al Makmur Raden Saleh

Masjid Al Makmur Raden Saleh memang ada pula sedikit keterkaitan riwayat masjid ini dengan sosok Raden Saleh. Pelukis legendaris yang wafat pada April 23 1880 itu pernah tinggal di Cikini.

Masjid Al Makmur menempati tanah di pojok kompleks yang sebelumnya tanah milik sang pelukis. Bangunan aslinya, sebelum dipindahkan, merupakan masjid sederhana terbuat dari kayu dan dinding bambu yang telah berdiri sejak tahun 1850-an di kebun luas milik sang pelukis. Untuk berkunjung ke Masjid Al Makmur Raden Saleh ini saya melewati Jl Kramat Raya, dari arah Salemba, dan kemudian berbelok ke kiri di lampu merah pertigaan Jl Raden Saleh – Jl Kramat Raya. Setelah sekitar 450 meter dari pertigaan, sudah terlihat oleh mata bentuk bangunan Masjid Al Makmur Raden Saleh di sebelah kanan jalan.

Meskipun saya pernah berkantor di daerah Cikini selama lebih dari 3 tiga tahun, pada dua periode yang berbeda, sehingga boleh dibilang sering melewati jalan ini, namun belum pernah sebelumnya saya memperhatikan keberadaan masjid ini, apalagi masuk kedalamnya. Jangan lagi ditanya tentang sejarahnya. Gelap.

Lambang bintang bulan sabit serta dua baris tulisan dalam huruf dan bahasa Arab di sisi depan Masjid Al Makmur Raden Saleh. Lambang itu merupakan penghargaan bagi tokoh-tokoh Sarikat Islam dan Masyumi (diantaranya HOS Cokroaminoto, H. Agus Salim, KH. Mas Mansyur dan Abi Koesno Cokro Soeyono) yang mendukung kegiatan perombakan dan penambahan gedung Masjid Al Makmur yang selesai dilakukan pada 1932. Angka tahun itu ditulis dalam huruf Arab di baris kedua foto di atas.

Source https://www.thearoengbinangproject.com/ https://www.thearoengbinangproject.com/masjid-al-makmur-raden-saleh-cikini/
Comments
Loading...