Masjid Al-Jami’ Wonodoyo Yogyakarta

0 88

Lokasi Masjid Al-Jami’ Wonodoyo

Masjid Al-Jami’ Wonodoyo terletak di Dusun Wonodoyo, Desa Sumber Giri, Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Masjid Al-Jami’ Wonodoyo

Bangunan menghadap timur, dibangun pada tahun 1824 oleh KH M. Iksan . Pada bagian sirap masih asli, dahulu lantai merupakan tatanan batu dan pasir. Saat ini masjid dirawat oleh Bp Jazari Zaini. Di teras terdapat bedug yang dibuat oleh murid KH M. Iksan yang menurut cerita pembuatannya sejaman dengan pembuatan masjid tersebut, adapun pembuatannya dilakukan dengan api (melubangi kayu sedikit demi sedikit). Ukuran bedug P : 157 cm, Ø : 108 cm.

Di dalam masjid ini juga terdapat 2 buah Al-Qur’an tulisan tangan KH M. Iksan dan Kitab dengan sampul dari kulit binatang. Ukuran Al-qur’an I : Panjang : 27,5 cm; Lebar : 19,5 cm; Tebal : 2 cm. Ukuran Al-qur’an II : Panjang : 32 cm; Lebar : 21 cm; Tebal : 6 cm. Ukuran kitab Panjang : 28 cm; Lebar : 17,5 cm; Tebal : 1,5 cm.

Di belakang masjid terdapat makam KH M. Iksan beserta keturunannya antara lain Njai Hirodikromo, Njai Dojo, Kjai Moh Mardjuki, Njai Moh Mardjuki, Njai Hadji Fatimah, Njai Ngabdul Kadir, Njai Kasaanom, Njai Hadji Moh Iksan. Keseluruhan makam berbentuk dan berukuran sama, dengan panjang : 145 cm, lebar bawah : 40 cm, lebar atas : 16 cm, tinggi nisan : 40 cm, dan tinggi maijan : 30 cm.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbyogyakarta/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbyogyakarta/masjid-al-jami-wonodoyo/
Comments
Loading...