Masjid Al Ikhlas Sijuk Belitung

0 125

Lokasi Masjid Al Ikhlas Sijuk Belitung

Masjid Al Ikhlas Sijuk Belitung terletak di Jalan Penghulu, Desa Sijuk, Kecamatan Sijuk, Belitung.

Masjid Al Ikhlas Sijuk Belitung

Di bagian depan ada papan nama Masjid Sijuk yang dibuat oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemkab Belitung ketika itu, yang sekaligus menandai status Cagar Budaya bagi masjid tua ini. Hanya saja warna birunya terlihat sangat mengganggu. Warna putih klasik dan plitur saya rasa lebih sesuai untuk Masjid Sijuk ini.

Seluruh bangunan masjid yang pertama kali dibangun pada 1817 itu dibuat dari kayu, dengan atap bergaya limasan tumpang, terdiri dari bangunan utama, pendopo, dan mihrab yang menjorok keluar.

Sebuah Papan Informasi Wisata sederhana dipasang diluar tembok masjid, di sisi kanan depan papan tengara nama masjid, berisi foto-foto tempat-tempat bersejarah dan tempat wisata di sekitar Sijuk. Sayangnya tanpa penjelasan yang memadai untuk membantu pejalan menemukan arah menuju ke sana.

Masjid Al Ikhlas Sijuk bukanlah masjid pertama yang dibangun di Belitung, namun tampaknya merupakan masjid tertua yang masih tersisa saat ini. Masjid pertama yang berdiri di Belitung konon dibangun di kaki gunung Parang Bulu di Membalong, namun tidak jelas benar kapan tahun berdirinya dan apakah masih ada sisa jejaknya.

Menurut riwayat, Islam masuk ke Belitung pada sekitar tahun 1520-an dengan datangnya seorang ulama asal Gresik bernama Datuk Mayang Gresik, menyusul keruntuhan Kerajaan Majapahit (1293 – 1500) yang digantikan oleh Kesultanan Demak (1475 – 1548). Datuk Mayang Gresik dikabarkan tinggal di Pelulusan, sekarang masuk Desa Nyuruk, Kecamatan Dendang, Belitung Timur.

Source Masjid Al Ikhlas Sijuk Belitung Bangka Belitung
Comments
Loading...