Masjid Al-Ikhlas Bagansiapiapi Riau

0 186

Lokasi Masjid Al-Ikhlas Bagansiapiapi

Masjid Al-Ikhlas Bagansiapiapi terletak di Bagan Barat, Bangko, Kabupaten Rokan Hilir, Riau.

Masjid Al-Ikhlas Bagansiapiapi

Masjid Al Ikhlas merupakan masjid kebanggaan masyarakat kota Bagansiapiapi, bentuk bangunannya diperngaruhi oleh gaya arsitektur Turki Usmani dengan kubah besar pada bangunan utamanya serta 4 menara yang menjulang tinggi. Fokus utama pada bangunan masjid Al-Ikhlas ini tentu saja pada kubah dan empat menaranya.

Pembauran berbagai gaya arsitektur di aplikasikan di masjid ini. Kubahnya terdiri dari satu kubah utama dibagian tengah, kemudian ditopang oleh empat bangun semi kubah di empat sisinya seperti pada beberapa bangunan masjid di Istambul Turki. Tidak hanya bangun semi kubah, Kubah utamanya juga di apit oleh empat bentuk menara kecil yang dilengkapi dengan kubah bawang berukuran kecil di puncaknya.

Menariknya, kubah masjid ini menggunakan warna yang tak biasa, terlalu coklat untuk disebut kubah emas. Lebih tepat untuk disebut bewarna tembaga. Memberikan kesan tersendiri karena warna ini terbilang sangat jarang digunakan sebagai warna kubah. Sehingga cukup mudah untuk mengenali bangunan masjid ini dari bentuk dan warna kubahnya. Warna yang sama juga digunakan pada kubah di ujung empat menaranya.

Bangunan Masjid Al-Ikhlas ini dilengkapi dengan pekarangan yang cukup luas, disalah satu sisi nya diperindah dengan air mancur. Keberadaanya menyiratkan bahwa Bagansiapiapi sebagai sebuah kota yang memiliki sejarah panjang di Muara Sungai Rokan di pesisir timur pulau Sumatera.

Source Masjid Al-Ikhlas Bagansiapiapi Riau Riau
Comments
Loading...