Masjid Al-Hidayah Bukit Cimanggu Villa Kota Bogor

0 21

Masjid Al-Hidayah Bukit Cimanggu Villa Kota Bogor

Arsitektur bergaya tradisional Indonesia  dengan atap tumpang bersusun tiga tanpa menara. Denah bangunan bujur sangkar dan di bagian dalam dilengkapi dengan mezanin yang berada di tengah tengah ruang utama.

Ruang ibadah seluas kurang lebih 250 m2, ditambah teras didepan dan kiri-kanan seluas 250 m2, total seluas 500 m2, dan mampun menampung sekitar 1.000 jama’ah. Tak banyak mozaik dan ornamen di dalam masjid ini selain mozaik lapafzd ALLAH yang  terlihat begitu menyolok karena cahaya matahari pada sisi kiblat di ruang mihrab.

Mihrab masjid ini berupa cerukan berbentuk kotak dengan lebar 3 meter dan kedalaman 2, 5 meter. Didalamnya terdapat jam almari, sajadah untuk sholat Imam, gantungan baju berisi gamis dan mimbar. Mimbar terbuat dari kayu tanpa ukiran.

Sebagaimana tertulis di prasasti yang dipasang di tembok sebeleah luar sebelah timur masjid di sisi jalan samping masjid, Masjid Al-Hidayah ini diresmikan pada tanggal 23 Agustus 1997 bertepatan dengan tanggal 19 Rabiul Ahir 1418H oleh Walikota Daerah Tingkat II Bogor (saat itu) Drs. H. Eddy Gunardi.

Source https://bujanglanang.blogspot.com https://bujanglanang.blogspot.com/search?q=masjid+bogor
Comments
Loading...