Masjid Al Furqon Bandara Soekarno-Hatta Banten

0 362

Lokasi Masjid Al Furqon Bandara Soekarno-Hatta

Masjid Al Furqon Bandara Soekarno-Hatta terletak di Jl. Raya Bandara Soekarno-Hatta, Pajang, Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15126.

Masjid Al Furqon Bandara Soekarno-Hatta

Bangunan Masjid ini kental dengan nuansa Eropa Timur klasik yang berbalut warna-warna cerah. Masjid Al-Furqon memiliki kubah dengan bentuk yang unik, yakni menyerupai kubah Katedral Santo Basil yang ada di Lapangan merah Moskow, Rusia. Warnanya yang mengerucut dan berwarna-warni menjadi ciri khas dari masjid ini, masjid ini dirancang oleh Haji Buyung dan memang terinspirasi oleh bangunan di lapangan merah Kremlin tersebut dan dibangun tahun 1989.

Masjid ini juga memiliki 4 buah kubah lain berbentuk menara berwarna kuning dan hijau cerah yang mencuat di sela rerindangan pohon di sekelilingnya. Bentuk kubah dan menara masjid ini yang warna warni mirip dengan permen lollipop, ada juga yang menyebutnya masjid Aladin karena bangunannya mirip bangunan bangunan negeri dongeng 1001 malam.

Masjid ini adalah Masjid Al-Furqon yang dibangun di dekat area terminal kargo Bandara Soekarno Hatta. Masjid Al-Furqon Bandara Soekarno Hatta berukuran 32 x 36 m dan dibangun dengan 2 lantai yang dikelilingi oleh taman-taman indah. Bagian depan bangunan utama dan setiap tiang penyangganya dipenuhi kaligrafi besar.

Sebenarnya masjid ini bukan satu- satunya yang ada di kawasan bandara. Masih ada tujuh masjid lainnya. Namun, entah disengaja atau tidak, Masjid Al- Furqan yang berarti pembeda-yaitu Islam dan Al-Quran merupakan pembeda dari ajaran dan kitab-kitab sebelumnya-menjadi sangat pas dengan kondisi masjid yang benar-benar berbeda dengan masjid lainnya di sana.

Source http://bujanglanang.blogspot.co.id/ http://bujanglanang.blogspot.co.id/2018/02/masjid-al-furqon-bandara-soekarno-hatta.html
Comments
Loading...