Masjid Al Falah Tanjung Batu

0 75

Lokasi Masjid Al Falah

Masjid Al Falah terletak di Bangun Jaya, Tanjung Batu, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan 30664, Indonesia.

Masjid Al Falah

Masjid Al-Falah adalah masjid bersejarah yang terletak di tengah- tengah desa. Masjid ini menjadi kebanggaan masyarakat setempat, sekaligus gambaran dakwah Islam tempo dulu di Desa Tanjung Batu. Pendirian masjid ini konon mengandung sejarah tersendiri bagi masuk dan berkembangnya Islam di sini.

Satu kepercayaan yang masih terpatri di masyarakat Tanjung Batu bahwa bangunan suci ini dibangun oleh seorang ulama dan ahli pahat serta ukir dari tanah Jawabemama Abdul Hamid yang dulunya bekerja di Kasultanan Palembang Darussalam.

Mengenai berdirinya Masjid Al Falah ini, secara pasti tidak seorang pun pemuka agama dan tokoh masyarakat Tanjung Batu mengetahuinya karena bukti tidak ada. Namun, kabar yang beredar di sana, masjid ini dibangun pada zaman Kasultanan Palembang, sekitar ratusan tahun lalu.

Ceritanya, suatu hari Abdul Hamid yang kaya dengan corak seni dan imajinasi diperintah oleh sultan untuk melukis permaisurinya. Pekerjaan itu dikerjakan oleh Abdul Hamid sampai larut rrtalam. Karena lelah, ia pun mengantuk. Di tengah kantuk tersebut tanpa sengaja tinta dikuasnya menetes di lukisan yang hampir selesai itu dekat di kemaluan permaisuri.

Ketika melihat tetesan itu sultan murka. Sultan menyangka Abdii Hamid berbuat senonoh terhadap permaisurinya karena permaisur mempunyai tahi lalat di tempat jatuhnya tinta itu.

Sultan memerintahkan Abdul Hamid supaya dibunuh. Namur, rencana itu diketahui Abdul Hamid. Akhirnya, ia hengkang dari Kasultanan Palembang. Dengan menyusuri sungai, sampailah Abdul Hamid di sebuah desa yang kemudian lebih dikenal dengan sebutar. Desa Tanjung Batu.

Source Masjid Al Falah Tanjung Batu sumatera selatan
Comments
Loading...