Masjid Al Birru Pertiwi Bojonegoro

0 110

Lokasi Masjid Al Birru Pertiwi

Masjid Al Birru Pertiwi terletak di Jl. Raya Dander KM No.10, Dander, Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur 62171.

Masjid Al Birru Pertiwi

Masjid Al Birru Pertiwi dibangun sebagai wujud rasa syukur keluarga besar Santosa kepada Allah SWT serta persembahan bakti cinta kasih kepada kedua orang tua mereka. Desa Dander, adalah tempat kelahiran dan tempat leluhur seluruh putra putri Bapak Santosa Hardjosuwito dan Ibu Pertiwi. Oleh karena itu masjid ini dibangun di wilayah desa Dender, Bojonegoro.

Selain sebagai tempat beribadah, masjid ini diharapkan menjadi pusat kegiatan Islam di Bojonegoro yang menyelenggarakan pendidikan, pelatihan, diskusi, serta pengajian dalam upaya pendidikan dan syiar islam sebagai Rachmatan Lil Alamin serta pengembangan dan sebagai pusat pemberdayaan masyarakat. Harapan tersebut bukanlah hal yang mustahil, sebab kemegahan Masjid Al-Birru Pertiwi merupakan modal utama serta didukung dengan sarana dan prasarana penunjangnya sebagia besar sudah terpenuhi.

Masjid mulai dibangun pada tanggal 24 Maret 2012 yang ditandai dengan peletakan batu pertama dan diresmikan pada tanggal 25 Januari 2014 oleh Bapak Suyoto, Bupati Bojonegoro, dan mulai dimanfaatkan Februari 2014. Acara persmian dihadiri oleh seluruh keluarga besar Santosa, sanak keluarga, handaitaulan dan masyarakat Bojonegoro.

Masjid yang berdiri di atas tanah seluas 3 hektare, tanah ini dahulunya adalah sawah tadah hujan peninggalan Ibu Pertiwi Santosa binti Karso Prawiro. Secara fisik, bangunan utama Masjid Al-Birru Pertiwi berukuran sekitar 25 m (panjang) x 13 m (lebar), memiliki tiga lantai, lantai dasar dipergunakan sebagai ruang pertemuan, jama’ah pria menempati lantai satu, sedangkan jama’ah wanita nenempati lantai dua. Sarana-sarana lain yang ada di sekitar masjid, adalah ruangan untuk pendidikan dan pelatihan, selain itu juga terdapat perpustakaan. Masjid ini diharapkan mampu menampung sekitar 1.000 jamaah. Di halaman masjid ini terdapat taman-taman indah yang hijau.

 

Source Masjid Al Birru Pertiwi Bojonegoro Jawa Timur
Comments
Loading...