Masjid Al Alam Marunda Jakarta

0 135

Lokasi Masjid Al Alam Marunda

Masjid Al Alam Marunda terletak di Jl. Marunda RT.09 / RW.01, Marunda, Cilincing, RT.3/RW.7, Marunda, Cilincing, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14150.

Masjid Al Alam Marunda

Masjid Al Alam Marunda, yang sebelumnya dikenal dengan nama Masjid Aulia Marunda, merupakan salah satu masjid tertua di wilayah Jakarta. Masjid bersejarah ini konon dibangun pertama kali oleh Fatahillah dan pasukannya pada 1527 setelah mengalahkan Portugis di Sunda Kelapa.

Saat menyerbu VOC di Batavia pada 1628-1629, pasukan Mataram juga menjadikan Masjid Al-Alam Marunda dan daerah sekitarnya sebagai pangkalannya. Masjid yang berukuran relatif kecil ini memiliki arsitektur yang merupakan perpaduan gaya Islam-Jawa Pesisir dan Moor.

Di latar depan tampak sebuah tengara yang menunjukkan status masjid sebagai Benda Cagar Budaya berdasarkan Perda DKI tahun 1999, yang artinya dilindungi oleh undang-undang untuk menjaga kelestarian dan keasliannya. Perubahan bangunan dan lingkungan pekarangannya harus seizin gubernur dengan rekomendasi dinas kebudayaan dan permuseuman DKI Jakarta.

Bagian dalam Masjid Al Alam Marunda yang terkesan sederhana, dengan empat pilar besar pendek penyangga atap masjid, dan pilar yang lebih kecil pada bagian mihrab. Konstruksi tiang sokoguru ini dibangun pada abad ke-18. Beberapa tulisan kaligrafi terlihat menempel pada dinding Masjid Al-Alam Marunda ini.

Ketinggian plafon di dalam ruangan masjid mungkn kurang dari 3 meter dari lantai ruangan, sehingga terkesan sangat rendah. Berbeda dengan masjid pada umumnya yang dibuat dengan lelangit tinggi agar memberi ruang yang cukup bagi sirkulasi udara untuk mendinginkan ruangan. Ukuran dasar bangunan asli masjid ini adalah 10 x 10 meter. Masjid Al-Alam Marunda rupanya juga sering dikunjungi para pengalap berkah dari luar kota yang menginap selama beberapa minggu di masjid tua ini. Ini saya ketahui dari percakapan dengan seorang pria yang mengaku sudah beberapa hari menginap di masjid, dan belum tahu kapan akan meninggalkannya.

Source https://www.thearoengbinangproject.com/ https://www.thearoengbinangproject.com/masjid-marunda-jakarta/
Comments
Loading...