situsbudaya.id

Masjid Agung Tasikmalaya

0 63

Lokasi  Masjid Agung

Masjid Agung terletak di Jl. Mesjid Agung, Yudanagara, Cihideung, Tasikmalaya, Jawa Barat 46121.

Masjid Agung

Masjid Agung Tasikmalaya pertama kali didirikan pada masa pemerintahan Raden Tumenggung Soeria Atmadja yang menjabat sebagai Bupati Sumedang. Tepatnya, Masjid Agung selesai dibangun pada tahum 1888 Masehi atau 1307 Hijriah. Masjid Agung ini sejak awal dimaksudkan untuk menjadi pusat kegiatan keagamaan. Kemudian, masjid agung diserahkan kepada Patih Tasikmalaya, Raden Demang Soekma Amidjaja penghulu Raden Aji Aboebakar. Bangunan awal masjid Agung Tasikmalaya ini mirip dengan bangunan Masjid Agung Demak.

Sejak dibangun pertama kali, Masjid Agung Tasikmalaya sempat mengalami beberapa kali renovasi sebelum ahirnya dibangun ulang seperti bentuknya saat ini. Renovasi pertama dilakukan pada tahun 1923 pada masa kepemimpinan Bupati Raden Adipati Wiratanuningrat. Kemudian renovasi kedua dilakukan pada tahun 1939 oleh Bupati RTA Wiradiputra. Renovasi ketiga dilakukan 1970-an, pada saat kepemimpinan Bupati Husein Wangsaatmadja.

Renovasi dan perubahan bentuk masjid dilakukan pada sekitar tahun 1982 hingga tahun 1987 dimasa pemerintahan Bupati Hudli. Dan ditahun 2002 Masjid Agung Tasikmalaya di rombak total kedalam bentuknya saat ini di masa kepemimpinan Bupati Suryana WH, dengan total pengeluaran dana pada renovasi ini senilai Rp. 7,9 Miliar. Pada saat itu peresmian kembali Masjid Agung Kota Tasikmalaya dilakukan oleh wakil presiden bapak Hamzah Haz.

Desain arsitektur Masjid Agung Tasikmalaya mengandung makna filosofis Islam. Masjid Agung memiliki lima atap, hal tersebut mencerminkan pada kewajiban menjalankan shalat lima waktu. Selain itu, mengarah kepada simbol rukun islam yang lima. Menara Masjid Agung juga terbagi menjadi tiga bagian, hal tersebut mencerminkan tingkat kesempurnaan sebagai seorang muslim, yaitu Iman, Islam, dan Ihsan.

Kemudian, menara masjid tingginya 33 meter, mengandung simbol Dzikrullah dalam bentuk Tasbih, Tahmid, dan Takbir. Selain tempat untuk beribadah shalat, Masjid Agung juga memiliki beberapa unit kegiatan keagamaan lainnya.

Source Masjid Agung Tasikmalaya Jawa Barat
Comments
Loading...