Masjid Agung At-Taqwa Bondowoso

0 179

Lokasi Masjid Agung At-Taqwa

Masjid Agung At-Taqwa terletak di Jl. Ahmad Yani, Kotakulon, Kec. Bondowoso, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur 68219.

Masjid Agung At-Taqwa

Sejarah Masjid Agung At-Taqwa Bondowoso berawal pada tahun 1809 ketika Raden Bagus Assra diangkat sebagai patih berdiri sendiri (zelfstanding) dengan nama Abhiseka Mas Ngabehi Kertonegoro. Beliau dipandang sebagai penemu (founder) sekaligus penguasa pemerintahan pertama (first ruler) di Bondowoso yang membangun sebuah missigit (masjid). Masjid Agung At Taqwa adalah masjid yang pertama ada di Bondowoso.

Masjid Agung At Taqwa dibangun dengan gaya arsitektur Hindu – Jawa. Pada awal pembangunan, masjid ini hanya sebuah surau dengan bangunan yang sederhana (non permanen). Dinding bangunan masjid masa itu terbuat dari bambu dan atap dari bahan rumbia. Pada tahun 1819, saat Raden Bagus Assra diangkat menjadi Ronggo Bondowoso dengan julukan Kyai Ronggo Bondowoso masjid tersebut di sempurnakan dengan menambah pagar bagian depan dan pintu masuk yang di atasnya dilengkapi dengan sebuah beduk besar yang ditabuh setiap menjelang sholat lima waktu. Untuk menuju ke tempat beduk tersebut harus melewati beberapa anak tangga yang terbuat dari batubata. Tangga inilah yang membuat pintu pagar masjid nampak indah dan kokoh.

Dalam perkembangannya masjid ini bernama masjid Jami’ At Taqwa Bondowoso. Pada tahun 1967 Masjid Jami’ At Taqwa mulai direnovasi, pintu pagar yang menjadi ciri khas masjid ini dibongkar dan diganti dengan pagar besi. Proses renovasi saat itu sangat mengagumkan utamanya keterlibatan seluruh masyarakat Bondowoso. Setiap hari dari berbagai penjuru kota dan desa, warga berduyun-duyun menuju Masjid Jami’ At Taqwa untuk mengirim sumbangan secara sukarela berupa bahan-bahan material seperti batu, pasir dan batu bata.

Pada saat itu masyarakat Bondowoso tergerak untuk memiliki sebuah masjid kebanggaan yang megah dengan arsitektur yang lebih modern. Pada saat renovasi inilah untuk pertama kalinya Masjid Jami’ At Taqwa membangun sebuah menara di sebelah selatan bangunan utama yang digunakan untuk tempat loudspeaker (pengeras suara) sebagai sarana berkumandangnya adzan sholat lima waktu. Tanggal 12 April 1971, Masjid Agung At Taqwa dipugar dan diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri Amir Machmud Saat Bupati Bondowoso dijabat oleh R. Arifin Djauharman (1965-1973).

Source Masjid Agung At-Taqwa Bondowoso Jawa Timur
Comments
Loading...