Masjid Agung Sumedang

0 122

Lokasi Masjid Agung Sumedang

Masjid Agung Sumedang terletak di Jalan Prabu Geusan Ulun, Kelurahan Regol Wetan, kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang provinsi Jawa Barat. 

Masjid Agung Sumedang

Masjid Agung Sumedang diperkirakan dibangun pertama kali tahun 1781-1828, pada masa pemerintahan Bupati Sumedang, Pangeran Korner. Kemudian pada masa pemerintahan pangeran Soeria Koesoemah Adinata bergelar Pangeran Sugih pada tahun 1836-1882 M masjid ini dipindahkan dari lokasi lama ke kampung Sukaraja ke lokasi baru dikampung baru. Bangungan Masjid Agung Sumedang yang baru dibangun diatas lahan wakaf dari R. Dewi Siti Aisyah seluas 6755 meter persegi. Pembangunan masjid di mulai tanggal 3 Juni 1850 dan diselesaikan tahun 1854M dengan Imam pertama, Penghulu R.H. Muhammad Apandi.

Pangeran Kornet terkenal dengan keberaniannya menentang penjajahan Belanda. Keberaniannya itu dibadikan dalam patung peringatan yang di cadas pangeran. Patung tersebut mengabadikan Pangeran Korner yang sedang bersalaman dengan Gubernur Jendral Hindia Belanda Jendral HW. Daendles, Saking marahnya beliau kepada Belanda, Pengeran Korner bersalaman dengan Deandles menggunakan tangan kiri. Sementara tangan kanannya dalam posisi siaga.

Pemugaran yang telah dilakukan di awali pada tahun 1913M oleh pangeran Aria Soeriaatmadja dengan gelar Pangeran Mekah, kedua kalinya pada tahun 1962 M. Ketiga tahun 1982. Kemudian direstorasi tahun 2002, dan diresmikan oleh gubernur Jawa Barat, Dani Setiawan tanggal 22 April 2003.

Restorasi tahun 2002 tersebut adalah upaya Pemerintah Kabupaten Sumedang Untuk melestarikan aset budaya yang tidak ternilai harganya itu, Pemkab Sumedang kemudian memprakarsai untuk melakukan restorasi pada bangunan tersebut. Tidak tanggung-tangung, demi mempertahankan keaslian arsitektur masjid ini, restorasi yang dilaksanakan tahun 2002 itu, menghabiskan anggaran senilai Rp 4,2 miliar.

Source Masjid Agung Sumedang Jawa Barat
Comments
Loading...