Masjid Agung Rantau Prapat Sumatera Utara

0 325

Lokasi Masjid Agung Rantau Prapat

Masjid Agung Rantau Prapat terletak di Jl. Jend. Ahmad Yani No.156, Kartini, Rantau Sel., Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21411.

Masjid Agung Rantau Prapat

Berdasarkan cerita turut masyarakat setempat Masjid Agung Rantau Prapat pada awalnya dibangun pada masa kerajaan Billah berkuasa di Labuhanbatu di masa penjajahan Belanda sekitar tahun 1930-an. Pembangunan masjid ini merupakan inisiatif dari pihak kesultanan Billah yang kala itu Kesultanan Bilah diberi kewenangan oleh pemerintah Kolonial Belanda untuk memungut pajak (Balasting) kepada masyarakat di wilayah Labuhanbatu.

Hal ini berkaitan dengan strategi Belanda agar mereka tetap bisa membina hubungan baik dengan Kerajaan Melayu maupun Kesultanan Bilah yang ada di Labuhanbatu Raya. Sejalan dengan itu, pemangku Kesultanan Bilah berhasil memungut pajak yang dianggap cukup baik. Kesultanan Bilah kemudian memiliki inisiatif untuk mendirikan sebuah masjid sebagai tempat beribadah umat Muslimin Rantauprapat.

Masjid Agung Rantauprapat berdiri di atas tanah seluas 4.855 meter persegi yang lahannya berasal dari wakaf Sultan Bilah melalui anaknya yang masih hidup, Tengku Su’if, berdasarkan Sertifikat Tanda Bukti Hak (STBH) Nomor 599 tertanggal 25 November 1991. Pengelolaan masjid ini ditangani oleh Kantor Kementerian Agama di Labuhanbatu.

Bentuk kubah masjid ini terdiri dari tiga buah. Dimana, satu kubah sebagai menara utama yang paling tinggi yang posisinya berada di bagian belakang. Sementara dua lainnya terdapat di pintu menuju masuk masjid. Di pintu pagar juga terdapat dua menara layaknya seperti Masjid Raya Al- Maksum di Kota Medan. Simbol suku Melayu masih melekat dengan dominasi warna kuning pada masjid, meski telah terdapat warna hijau pada bagian kubahnya.

Dalam perkembangannya, masjid tersebut kini juga telah memiliki klinik kesehatan dan madrasah yang berada di dalam kompleks masjid. Sejak zaman Belanda nama masjid ini Masjid Raya. Tapi sekitar Tahun 1986 di-ubah menjadi Masjid Agung Rantau Prapat.

Source https://singgahkemasjid.blogspot.co.id/ https://singgahkemasjid.blogspot.co.id/2016/09/masjid-agung-rantauprapat.html
Comments
Loading...