Masjid Agung Purwakarta

0 223

Lokasi Masjid Agung Purwakarta

Masjid Agung Purwakarta terletak di Cipaisan, Kec. Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41113.

Masjid Agung Purwakarta

Situs Simas Kemenag menyebutkan bahwa Masjid Agung Purwakarta ini pertama kali dibangun tahun 1826 oleh masyarakat muslim Sindangkasih dibawah pimpinan Raden Haji Yusuf (Baing Yusuf). Beliau juga yang kemudian menjadi pengelola masjid ini dalam kapasitasnya sebagai Penghulu Kepala di kabupaten Karawang. Pada masa itu wilayah Purwakarta masih merupakan bagian dari Kabupaten Karawang. Baing Yusuf secara resmi menjabat sebagai Penghulu Kepala Kabupaten Karawang sejak tahun 1828 (Almanak van Nederlandsch Indie, 1828:59).

Bila melihat perjalanan sejarah kabupaten Karawang, pembangunan Masjid Agung Purwakarta di Sindangkasih ini berhubungan erat dengan pemindahan ibukota kabupaten Karawang dari Wanayasa ke Sindangkasih yang terjadi sekitar tahun 1827 atau 1830 sejak masa pemerintahan Bupati Bupati R.A.A. Suriawinata alias “Dalem Sholawat” (1827 – 1849). Pemindahan ibukota tersebut diresmikan berdasarkan besluit (surat keputusan) pemerintah kolonial Belanda tanggal 20 Juli 1831 nomor 2.

Pembangunan Masjid Agung di Sindangkasih ini dilaksanakan bersamaan dengan pembangunan Pendopo, Gedung Karesidenan, Tangsi Tentara di Ceplak, termasuk membuat Solokan Gede, Sawah Lega dan Situ Kamojing. Pembangunan terus berlanjut sampai pemerintahan bupati berikutnya, termasuk juga pengurugan rawa-rawa untuk pembuatan Situ Buleud. Pembangunan terus berlanjut sampai pemerintahan bupati berikutnya.

Pada tahap awal, kondisi bangunan masjid masih sangat sederhana, sama dengan kondisi bangunan pendopo. Atap masjid berbentuk limas bertumpang, ciri khas masjid tradisional. Waktu itu, atap umumnya terbuat dari ijuk, dan badan bangunan dibuat dari kayu dan bambu. Pembangunan dan renovasi sampai ke bentuknya saat ini dilakukan beberapa kali setelah itu. Masjid Agung Purwakarta dikelola oleh Baing Yusuf kemudian dilanjutkan oleh keturunan Baing Yusuf, yaitu Kiyai Haji R. Marjuki (Baing Marjuki) sampai tahun 1937.

Source Masjid Agung Purwakarta Jawa Barat
Comments
Loading...