Masjid Agung Pondok Tinggi Jambi

0 168

Lokasi Masjid Agung Pondok Tinggi

Masjid Agung Pondok Tinggi terletak di Jl. Soekarno Hatta, Sungai Ning, Sungai Penuh, Kota Sungai Penuh, Jambi 37152.

Sejarah Masjid Agung Pondok Tinggi

Masjid Agung Pondok Tinggi ini dibangun pada 1 Juni tahun 1874 Masehi, dan tercatat sebagai salah satu masjid tertua yang ada di Kerinci. Pembangunannya sendiri dilakukan secara gotong royong dari warga Sungai Penuh yang kala itu hanya terdiri dari 90 kepala keluarga. Tak hanya laki-laki saja, para wanita pun turut membantu dalam membangun masjid ini.

Sebelum pembangunan masjid, selama tujuh hari tujuh malam diadakan pesta keramaian yang turut dihadiri seluruh masyarakat setempat dan juga pangeran pemangku Jambi. Dalam pesta ini turut pula disembelih 12 kerbau. Cerita ini berkembang secara turun temurun dari tetua desa setempat.

Secara bergotong-royong, warga pun mulai mengumpulkan kayu dan bahan bangunan lain serta membangun pondasi Masjid Agung Pondok Tinggi. Setelah pondasi selesai, dibuatlah sebuah panitia pelaksanaan pembangunan masjid dengan cara bermusyawarah.

Sedangkan arsitek perancang desain masjid adalah M. Tiru yang tak lain adalah warga Desa Pondok Tinggi. Selain itu ditunjuk pula 12 tukang bangunan, yang dinilai cakap dan memiliki keahlian khusus dalam pembangunan masjid. Uniknya, dalam proses pembangunan untuk membangkitkan semangat kerja warga diadakan pula pementasan kesenian Kerinci seperti seni pencak silat.

Secara menyeluruh, pembangunan masjid pun akhirnya selesai pada tahun 1902. Terhitung hingga saat ini, Masjid Agung Pondok Tinggi telah berusia lebih dari 100 tahun. Masjid ini pun pernah disinggahi oleh mantan wakil Presiden Republik Indonesia yaitu Mohammad Hatta, beliau juga yang menyarankan penamaan nama masjid ini.

Fasilitas Masjid Agung Pondok Tinggi

Masjid Agung Pondok Tinggi pun dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang cukup memadai. Seperti kamar mandi, tempat wudhu, dan juga tempat parkir yang cukup luas. Terdapat pula sebuah perpustakaan dengan koleksi berbagai buku. Pada tempat ibadah ini pun sering diselenggarakan berbagai kegiatan keagamaan untuk masyarakat setempat. Masjid juga dilengkapi dengan pemancar radio, yaitu Radio Suara Pondok Tinggi. Radio ini menyiarkan berbagai kegiatan dakwah, serta aktivitas-aktivitas keagamaan di Desa Pondok Tinggi

Source Masjid Agung Pondok Tinggi Jambi Jambi
Comments
Loading...