Masjid Agung Koto Baru Sumatera Barat

0 93

Lokasi Masjid Agung Koto Baru

Masjid Agung Koto Baru terletak di Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Masjid Agung Koto Baru

Lokasi masjid cukup luas dan menyatu dengan kompleks Yayasan Islamic Center Al-Hikmah yang mengelola pendidikan Taman Kanak-kanak dan Madarasah Diniyah. Bangunan masjid berada di bagian belakang kompleks.

Bangunan masjid terdiri dari tiga bangunan pokok, yaitu bangunan induk, mihrab, dan serambi. Bangunan masjid ini memiliki tembok keliling berukuran 50 x 30 m. Ukuran luas bangunan masjid adalah 31 x 20 m, yang terdiri dai bangunan induk 20 x 19,8, serambi 10,2 x 9 m, dan mihrab 5 x 2,4 m. Atab masjid berupa atap tumpang lima, tiga buah atap di bagian bawah berbentuk piramid sedangkan dua di bagian atas berbentuk lingkaran segi delapan yang dilengkapi dengan kemuncak. Atap ini dari bahan seng.

Pada sisi utara mihrab menempel pada pagar keliling sudut baratlaut terdapat kompeks makam. Kompleks makam ini terdiri dari lima buah makam, yang satu di antaranya adalah Makam Angku Lareh. Makam ini diberi pagar terali besi dengan jirat dari keramik. Adapun di luar pagar terdapat sebuah nisan bertuliskan huruf Arab yang berangka tahun 1349 H.

Menurut informasi dari pengurus masjid, bangunan Masjid Agung Koto Baru dibangun semasa pemerintahan Engku Lareh dan merupakan masjid tertua di Kec. Lubuk Basung.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/2017/08/20/masjid-agung-koto-baru-al-hikmah/
Comments
Loading...