Masjid Agung Darussalam Cilacap

0 389

Lokasi Masjid Agung Darussalam

Masjid Agung Darussalam terletak di Sidanegara, Cilacap Tengah, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53212.

Masjid Agung Darussalam

Masjid Agung Darussalam Cilacap dibangun pada tanggal 29 April 1776 oleh mbah Kyai Kali Husen dan mbah Kyai Kali Ibrahim, keduanya keturunan Sunan Kalijaga. Renovasi pertama dilaksanakan oleh umat Islam se Kabupaten Cilacap pada tahun 1929, sedangkan masjid agung yang lama dipindah dan dibawa oleh penghulu pertama ke Kawunganten, setelah beberapa lama dipindahkan lagi ke Desa Kalijeruk pada tahun 1969.

Di tahun 2003, Masjid Agung Darussalam Cilacap ini dilengkapi dengan sebuah bangunan menara setinggi 40 meter. Pembangunan menara ini menghabiskan biaya Rp 577 juta, Rp 400 juta di antaranya berasal dari APBD dan sisanya dari para donatur. Peresmian menara tersebut dilaksanakan pada hari Kamis 30 Oktober 2003 oleah Bupati Cilacap saat itu, H Probo Yulastoro,SSos MM.

Masjid Agung Darussalam ini berdiri di atas lahan seluas 3500 meter persegi dengan luas bangunan mencapai 2500 meter persegi. Masjid yang masuk dalam cagar budaya itu tetap mempertahankan empat saka guru, 12 saka rawa, dan 16 saka emper, serta balok-balok penjepit dan atap yang berbentuk joglo.

Mustoko masjid menyerupai bangunan masjid Demak peninggalan Wali Sanga, sedangkan menara mirip arsitektur masjid Nabawi di Madinah. Kapasitas masjid mampu menampung 3.500 jamaah atau dua kali kapasitas bangunan sebelumnya. Menara tersebut terbagi dalam enam lantai dan satu mustaka setinggi delapan meter.

Source https://singgahkemasjid.blogspot.co.id/ https://singgahkemasjid.blogspot.co.id/2017/05/masjid-agung-darussalam-cilacap.html
Comments
Loading...