Masjid Agung Baitunnur Blora

0 299

Lokasi Masjid Agung Baitunnur

Masjid Agung Baitunnur terletak di Jl. Alun-alun Barat No.1, Kauman, Kec. Blora Kota, Kabupaten Blora, Jawa Tengah 58213.

Masjid Agung Baitunnur

Masjid Agung ini telah berdiri sejak masa Kesultanan mataram. Pada masa pemerintahan Sultan Agung antara tahun 1613-1645 mengutus pangeran Pojok untuk ke Tuban, dari perjalanan pangeran pojok inilah awal berdirinya masjid Baitunnur.

Masjid Baitunnur ini dulunya dikenal dengan nama masjid Doro Ndekem atau dalam bahasa Indonesia artinya adalah Merpati duduk. Disebut demikian karena saat berdirinya masjid ini letak tanahnya lebih rendah dibandingkan dengan alun alun kota sehingga tampak seperti burung merpati yang sedang duduk (Doro Ndekem).

Masjid Agung Baitunnur dibangun pada tahun 1722 dan pelaksanaan pemugaran pertama dilakukan oleh Bupati R.T. Djajeng Tirtonoto pada tahun 1774 dengan Surya Cengkala “Catur Pandhita Sabdaning Ratu”. Pada tahun 1968 dan 1975 dipugar oleh Bupati Supadi Yudhodarmo dengan tambahan bangunan menara. Pada mimbar terdapat angka tahun dengan huruf Arab dan Jawa, dan terbaca 1718.

Tidak jauh dari Masjid Agung Blora, terdapat makam Sunan Pojok yang dianggap sebagai pendiri masjid ini. Sedangkan makam Sunan Pojok yang ada di Makam Gedong Blora, Jl. Mr. Iskandar 1/1 Blora, atau sebelah selatan Alun-alun Blora, merupakan makam pindahan yang dilakukan oleh R.T. Djojodipo, putra Sunan Pojok Blora.

Source https://singgahkemasjid.blogspot.co.id https://singgahkemasjid.blogspot.co.id/2017/07/masjid-agung-baitunnur-blora.html
Comments
Loading...