Masjid Agung Ats-Tsauroh Serang

0 62

Lokasi Masjid Agung Ats-Tsauroh

Masjid Agung Ats-Tsauroh terletak di JI. Veteran No. 43, Kota Serang, Banten.

Masjid Agung Ats-Tsauroh

Masjid Agung Ats-Tsauroh Serang (dulu disebut Masjid Pegantungan) mulai didirikan oleh masyarakat sekitar. Dan mulai dibangun oleh Rd. Tumenggung Basudin Tjondronegoro (1870 – 1888 M) mantan Bupati Pandeglang dan Bupati Serang mewakafkan tanah yang ditempati sekarang oleh Masjid seluas ± 2,6 Ha.

Awalnya dibangun hanya Masjid tanpa menara. Selanjutnya telah mengalami beberapa kali renovasi. Tahun 1930 Tb. Nurdin menata Masjid seperti Masjid Kesultanan Banten tetapi tanpa menara. Dan pada tahun 1956 Bapak Ayif Usman, KH. Sochari, dll, menyempurnakan bangunan dengan mendirikan menara.

Pada tahun 1968 masa Bupati Letkol H. Suwandi, Masjid itu diberi nama Masjid Ats – Tsauroh yang berarti Masjid Perjuangan, pada tahun 1974 bangunan Masjid dirubah. Pembangunan itu di pimpin oleh Bapak. Ayif Usman dan dikerjakan oleh H. Mulya Syarif.

Tahun 1993, Bupati Serang kala itu H. Sampurna memprakarsai untuk merenovasi bangunan Masjid. Maka dibentuklah panitia pembangunan antara lain H. Ma’mun Sochari, H. Aman Sukarso, H. Embay Mulya Sayarif, H. Hilmi serta yang lainnya.

Seiring dengan berjalanya waktu dan meningkatnya kebutuhan akan pengelolaan manajemen Masjid yang professional, kepengurusan DKM mengalami beberapa penggantian tercatat 3 (tiga) kali pergantian. Kepengurusan DKM Masjid Agung Serang,
1. Periode 1996 – 1998 oleh Bp. H. Aman Sukarso dengan fokus pernbangunan rnasjid.
2. Periode 1998 – 2005 oleh H. Sandir Usman.
3. Periode 2006 sampai dengan tahun sekarang oleh H. Pandji Tirtayasa dan kegiatan merekstrukrisasi manajernen dan rnenata ulang tata ruang Masjid dengan rnendirikan beberapa bangunan penunjang.

Source http://simas.kemenag.go.id/index.php/home/ http://simas.kemenag.go.id/index.php/profil/masjid/516/
Comments
Loading...