Masjid Agung At-Taqwa Balikpapan

0 144

Masjid Agung At-Taqwa Balikpapan

Masjid di Kota Minyak ini berdiri pada masa penjajahan Belanda sekitar tahun 1940-an M. Para pendirinya adalah Al Habib Ghasim Bahasim, Al Habib Ali Assegaf, H. Abdul Malik, H. Kai Kintang, H. Bahrun, H. Abdul Ghani, H. Abdul Ramli, H. Sulaiman, H. Asnawi Arbain, H. Tharmiji Abbas, H. Abdul Hasan dan para ulama dan masyarakat lainnya.

Pada waktu perang dunia ke-2 (1946), masjid sempat dibom tentara sekutu dan bangunannyapun luluh lantah. Akibat porak-porandanya bangunan masjid tersebut, maka dengan inisiatif masyarakat kota Balikpapan pada tahun 1950 dibangun kembali bangunan masjid, namun untuk menghindari terjadinya abrasi pantai lokasinya dipindahkan ke wilayah daratan sebelah utara yang jaraknya beberapa ratus meter didepannya.

Hingga saat ini, masjid sudah empat kali direnovasi. Seiring dengan renovasi, nama masjid pun berubah-ubah. Awalnya tahun 1950-an M bernama Masjid Jami’ At Taqwa Balikpapan. Lalu, pada tahun 1970-an M, Masjid Jami At Taqwa Balikpapan dibangun kembali oleh Panitia Pembangunan yang saat itu di pimpin Bpk. H. Asnawi Arbain, H. Rusma Antur, Kol. H. Hambali, Kol. Amin, Mayor. H. Idris, H. Nadalsyah, H. Syahruni Hasbullah dan lain sebagainya, sehingga berubah nama menjadi Masjid Raya At Taqwa Balikpapan.

Kemudian pada tahun 1998 M Masjid Raya At Taqwa Balikpapan berubah nama lagi menjadi Masjid Agung At Taqwa Balikpapan sampai sekarang. Terakhir, Juli 2004 M, Masjid Agung At Taqwa Balikpapan dibentuk kembali Panitia Pembangunan untuk membangun masjid menjadi lebih besar dan lebih megah yang dipimpin Bpk. H.M. Roem Arbain B.Sc, H. Amirullah Usman. ST, H. Muhammad Idrus. BE, H. Syahrani, ST.MM, H.M. Yusuf Sabran, dan lainnya.

Pada tahun 1970an dan tahun 1990 Masjid At-Taqwa dilakukan renovasi sehingga semula bernama Masjid Jami berubah menjadi Masjid Agung At-Taqwa Balikpapan. Selanjutnya dengan upaya pengurus masjid membentuk Panitia Pembangunan Masjid pada tahun 2004 dengan pimpinan H.M. Roem Arbain, H. Amirullah Usman, H. Muhammad Idrus, H.M. Yususf Sabran dan lainnya, telah mendirikan bangunan masjid yang megah dengan area bangunan yang diperluas dan dipercantik seperti yang tampak megah berdiri saat ini.

Source https://www.gomuslim.co.id https://www.gomuslim.co.id/read/khazanah/2017/01/27/3032/masjid-agung-at-taqwa-balikpapan-keindahan-arsitektur-warisan-sejarah-kota-madinatul-iman.html
Comments
Loading...