Masjid Agung Al Musabaqah Subang

0 329

Lokasi Masjid Agung Al Musabaqah

Masjid Agung Al Musabaqah terletak di Karanganyar, Kec. Subang, Karanganyar, Kec. Subang, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41215.

Masjid Agung Al Musabaqah

Menurut data Kemenag, Masjid Agung Al Musabaqah Subang dibangun tahun 1978 di atas tanah wakaf seluas 10.000 m2 dengan luas bangunan 7.500 m2 dan mampu menampung 1000 jemaah. Masjid ini juga telah memperoleh nomor identitas masjid yakni 01.2.13.13.03.000001. Namun demikian, bangunan masjid yang kini berdiri merupakan bangunan hasil renovasi tahun 1993 di masa kepemimpinan Bupati Eep Hidayat dan atas bantuan Menteri Perhubungan ketika itu, Haryanto Danutirto.

Pada awalnya bangunan Masjid Agung Al Musabaqah ini berupa bangunan beton dengan kubah utama bundar di atapnya ditambah dengan beberapa kubah yang lebih kecil dan dilengkapi dengan satu menara. Keseluruhan bangunannya di cat warna putih seperti masjid Agung Al-Azhar di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Bangunan tersebut kemudian dirombak total ke bentuknya saat ini dengan rancangan yang sama sekali berbeda.

Dibangun dalam rancangan masjid modern, bangunannya terdiri dari dua lantai, dilengkapi dengan tiga pintu akses, masing masing di sisi timur, utara dan selatan. Setiap pintu akses ini dilengkapi dengan beranda. Dua menara mengapit induk bangunan di sisi utara dan selatan bangunan masjid, menambah anggun bangunan masjid termegah dan terbesar di kabupaten Subang ini.

Source Masjid Agung Al Musabaqah Subang Jawa Barat
Comments
Loading...