Masjid Agung Al-A’raf Rangkasbitung

0 251

Lokasi Masjid Agung Al-A’raf Rangkasbitung

Masjid Agung Al-A’raf Rangkasbitung terletak di Jln. Kaum, Kelurahan Rangkasbitung Barat, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Masjid Agung Al-A’raf Rangkasbitung

Pembangunan Masjid Agung Al-A’raf atau biasa juga dikenal sebagai Masjid Agung Rangkasbitung, atau juga biasa disebut Masjid Agung Alun-Alun Rangkasbitung dilakukan pertama kali pada tahun 1928, diatas tanah wakaf dengan luas sekitar 3.264 meter persegi.

Pembangunan masjid ini memng sengaja dibuat dengan sangat luas, karena Masjid Al-A’raf memang ditetapkan sebagai Masjid Agung untuk Kabupaten Lebak, sehingga jamaah yang datang memenuhi masjid ini pastinya sangat banyak. Apalagi, tempatnya berada di sebelah Alun-Alun Kota Lebak, sehingga banyak sekali pengunjung yang datang ke Masjid ini setiap harinya.

Masjid Agung Al-A’raf ini sudah mengalami renovasi beberapa kali sejak pertama kali diresmikan. Renovasi pertama kali dilakuna pada tahun 1988, kemudian selesai pada tahun 2002 dengan menghabiskan dana sekitar Rp. 3 miliar. Renovasi pertama kali tersebut dilakukan pada masa pemerintahan Bupati Drs. H. Yasa’a Mulyadi. Kemudian renovasi berikutnya dilakukan pada tahun 2004 yang merupakan bangunan yang bisa kita lihat sampai saat ini. Renovasi kedua tersebut menghabiskan dana sekitar Rp.17,5 miliar, dan dilakukan pada masa pemerintahan Bupati H. Mulyadi Jayabaya.

Hal yang unik juga dimiliki oleh Masjid Agung Al-A’raf Rangkasbitung, yaitu memiliki sebuah meriam tua yang masih digunakan hingga kini. Meriam tersebut digunakan untuk memberikan tanda waktu berbuka puasa dan Sahur pada setiap hari di bulan Ramadhan.

Source https://www.anugerahkubah.com/ https://www.anugerahkubah.com/masjid-agung-al-araf-rangkasbitung-lebak-banten/
Comments
Loading...