Masjid Agung Al Anwar (Masjid Jami’) Pasuruan

0 349

Masjid Agung Al Anwar (Masjid Jami’) Pasuruan

Masjid yang berdiri megah di depan alin-alun Kota Pasuruan ini merupakan bangunan bersejarah yang dibangun lebih dari lima abad yang lalu oleh Mbah Slagah seorang tokoh pejuang Islam di pasuruan. Bangunan seluas 3000 m2 yang di bangun diatas tanah yang seluas 3600 m ini bercorak Timur Tengah dan modern.

Masjid yang telah beberapa kali mengalami pemugaran ini tetap konsisten menjaga gaya arsitkturnya yang khas serta kaya dengan detail-detail menarik. Bentuk ornamennya adalah kaligrafi Arab dalam bentuk-geometris, hampir semua ornamen di dinding asli sejak saat didirikannya.

Masjid Agung Al Anwar saat ini menjadi salah satu pusat kegiatan keagamaan umat Islam di kota pasuruan. Setiap malam rabu di masjid ini diadakan kegiatan pengajian rutin.

Di bagian belakang masjid terdapat makam ulama dan tokoh-tokoh penting, antara lain makam Adipati Nitiadiningrat serta makam KH. Abdul Hamid seorang tokoh pendiri Pondok Pesantren Salafiyah yang mempunyai kharisma cukup besar. Itulah sebabnya masjid ini menjadi salah satu tujuan bagi para peziarah yang datang dari berbagai daerah, bahkan saat ini tempat ini menjadi salah satu tujuan wisata religi bagi para peziarah yang melakukan perjalanan ke makam Wali Songo.

Source http://warungkopipasuruan.blogspot.com http://warungkopipasuruan.blogspot.com/2011/06/masjid-agung-al-anwar-masjid-jami.html
Comments
Loading...