Markas Polres Kediri Kota

0 55

Markas Polres Kediri Kota

Tak banyak yang tahu bahwa markas Polres Kediri Kota ini dulunya merupakan sebuah benteng Blokhuis. Peninggalan masa pemerintahan kolonial Belanda. Saat masuk kedalam markas kepolisian yang terletak di Jalan KDP Slamet, Mojoroto, Kota Kediri itu kita akan disambut dengan angka tahun 1935 tepat di atas pintu utama. Angka itu merupakan tahun pendirian bangunan yang berbentuk persegi tersebut.

Tepat di tengah bangunan terdapat halaman yang cukup luas. Dari sana kita dapat melihat pintu-pintu yang cukup besar untuk masuk ke setiap ruangan. Bangunan ciri khas kolonial pun masih tampak. Meskipun ada beberapa penambahan bangunan baru untuk kebutuhan administrasi lainya.

Ada satu pintu unik yang berbentuk lengkungan besar seperti lorong. Itu berada di sebelah utara bangunan. Yang saat ini menjadi jalan menuju masjid Polres. Pintu tersebut masih dalam kondisi seperti aslinya. Dengan model daun pintu tebal yang dilengkapi slot pintu berukuran raksasa.

Salah satu ciri khas dari sebuah benteng adalah adanya menara pengintai di setiap sudutnya. Menara tersebut dalam istilah Belanda disebut dengan bastion. Dilihat dari peta Belanda bertahun 1930 yang ada di buku Perkembangan Kota di Jawa yang ditulis Handinoto 2015, dulu terlihat ada empat bastion. Hingga kini bastion tersebut juga masih terlihat di benteng Blokhuis ini. Meskipun jumlahnya hanya tersisa dua buah saja. Yakni di sudut tenggara dan sudut timur laut bangunan.

Source https://gpswisataindonesia.info https://gpswisataindonesia.info/2018/12/wisata-sejarah-di-kota-kediri-jawa-timur/
Comments
Loading...