situsbudaya.id

Makam Tuk Kepala Gendang Sumatera Barat

0 40

Makam Tuk Kepala Gendang

Tuk Mulia Kepala Gendang (Mak Mulia) atau Datuk Syakidarsyah berada dari Iran. Makam ini diperkirakan berada dari abad 9-10 M. Tuk Mulia Syakidarsyah adalah isitri dari Syahidarsyah yang makamnya berada di kompleks makam Kota Kara (Bujuk). Tuk Kepala Gendang adalah anak dari Sutan Mahmud Al Qazni yang berasal dari Iran. Mak Mulia merupakan Ratu di Kerajaan Gangga Negara abad ke-9 yang lebih tua dari makam Malikul Shaleh di Aceh.

Makam Tuk Kepala Gendang (Mak Mulia) tidak jauh dari Makam Hang Tuah tepatnya sekitar 20 m pada arah baratdaya dari Makam Hang Tuah. Makam berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang 320 cm dan lebar 220 cm. Makam memiliki 1 lapis jirat yang dibentuk dari pecahan-pecahan batu sungai. Dilihat dari orientasi nisan makam belum utara-selatan. Batu nisan terbuat dari batu tempa yang menurut informasi Pak Hasyim berasal dari daerah Gujarat. Nisan kepala dan kaki masing-masing berukuran sama dengan panjang 46 cm dan lebar 19 cm.

Pada nisan makam terdapat motif hias berupa pahatan pada bagian depan, belakang, dan samping kiri dan kanan nisan. Motif hias nisan berupa sulur daun pada bagian kemuncak (atas) nisan, dan bagian tubuh nisan keempat sisinya memiliki hiasan berupa inskiripsi bertulisakan arab dengan gaya kaligrafi Iran, sedangkan pada bagian kaki nisan bagian atas kakinya berdapat profil genta dari sudut-sudutnya terdapat motif hias bunga lotus.

Pada sisi utara makam Tuk Kepala Gendang terdapat dua makam kerabat Hang Tuah yakni makam Dang Merdu dan Hang Mahmud. Nisan makam berukuran kecil dengan panjang 20-23 cm dan lebar 10-15 cm yang ditutupi dengan kain kuning. Kedua makam tersebut berukuran panjang 105 cm dan lebar 65 cm.

Selain itu, pada baratlaut terdapat sebuah tempayan berukuran tinggi 60 cm dan lebar 45 cm dengan kondisi yang ditutupi oleh lumut. Tempayan berada persis dibawah pohon besar yang berada di antara makam Tuk Kepala Gendang dan makam Hang Tuah.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/makam-tuk-kepala-gendang-mak-mulia/
Comments
Loading...