Makam Tuangku Johok Padang Pariaman

0 17

Makam Tuangku Johok

Syech Tuanku Johok merupakan seorang tokoh yang berjasa dalam mengembangkan agama Islam di Kabupaten Padang Pariaman bagian Utara. Makam ini merupakan kompleks makam yang terdiri dari 4 (empat) buah makam dengan keletakan makam berjajar. Kompleks makam tersebut diberi cungkup berupa bangunan rumah dengan dua pintu di sisi barat dan timur dan diantaranya terdapat 4 (empat) buah jendela. Cungkup ini beratap gonjong dengan serambi dari plesteran semen. Lantai bagian dalam telah diberi keramik.

Keempat makam ini sekelilingnya diberi penutup dari kain berwarna putih. Makam Tuanku Johok berada di tengah dengan jirat berkeramik putih. Ukuran jirat panjang 210 cm dan lebar 120 cm. Dibagian atas jirat diberi penutup dari kain berwarna putih juga. Nisan makam terbuat dari batu kali berbentuk balok dengan teknik pengerjaan yang kasar. ukuran nisan kepala tinggi 45 cm, lebar 17 cm, dan tebal 15 cm, sementara ukuran nisan kaki tinggi 40 cm, lebar 18 cm, dan tebal 15 cm.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kabupaten-Padang-Pariaman.pdf
Comments
Loading...