Makam Tua Pammase Tau

0 23

Makam Tua Pammase Tau

Makam Pammase Tau adalah Makam berupa Batu Menhir yang berusia sekitar lima ratus tahun. Konon kabarnya Pammase Tau adalah seorang yang orang yang diberkati dan menjadi panutan bagi masyarakat sekitarnya. Makam tersebut terletak di desa Cenrana Kecamatan Panca Lautang Kab. Sidenreng Rappang Propinsi Sulawesi-Selatan. Berada dititik koordinat S 04.06 374,  E 119.82 230. dengan luas arel makam sekitar 550 m dan berada di ketinggian kurang lebih 100 meter diatas permukaan laut.

Batu Menhir tersebut terbuat dari batu padas dan batu menhir itu berukuran, panjang 120 cm, lebar 38 cm dan tinggi 120cm. Makam Pammase Tau terletak di dalam ruangan persegi empat beratap seng dikelilingi tembok dan didekatnya terdapat 2 makam menhir yaitu istri dan keranbatnya. Orientasi makam tersebut menghadap dari barat ke timur. Dilihat dari masanya makam tersebut mewakili masa pra Islam.

Menurut cerita Pammase Tau adalah seorang musyafir yang melakukan perjalanan beserta rombongan ke suatu tempat dan akhirnya tiba di daerah Bilokka Sidrap.Beliau adalah seorang bangsawan dari daerah Pacekke Barru dengan nama aslinya adalah Lamende Daeng Masikki.

Source http://cagar-budaya-sidrap.blogspot.com http://cagar-budaya-sidrap.blogspot.com/search?updated-max=2014-09-13T23:42:00-07:00&max-results=1&start=29&by-date=false
Comments
Loading...