Makam Tedong Tedong Sulawesi Selatan

0 84

Makam Tedong Tedong

Kurang lebih 3 km sebelah timur makam Tedong Tedong Minanga tedapat pemakaman tua yang bernama Karassik. Menurut cerita Rakyat Balla bahwa Karassik pada masa yang lalu merupakan pusat pemakaman untuk daerah Kondo Sapata. Untuk mencapai daerah Karassik dari Lambanan di Kecamatan Balla, Tabang di Kecamatan Pana dan Rante Bulanan di Kecamatan Mambi dengan membawa mayat diperlukan 2 (dua) atau 3 (tiga) hari perjalanan .

Daerah antara Karassik dengan Makam Tedong Tedong Minanga oleh Masyrakat Balla digelar atau dinamakan Anitu Tolambanan yang artinya roh orang mati dari Lambanan. Hal ini menunjukkan bahwa kendatipun yang meninggal begitu jauh tetapi pemakamannya di Tedong Tedong Minanga Balla. Tidak Jauh dari Makam Tedong Tedong Minanga terdapat tempat yang bernama Lembang Liang yang berarti Lembah Kubur. Dari Lembang Liang inilah merupakan sumber pengambilan kayu sebagai bahan makam Tedong Tedong Minanga yang sekarang ini terletak diatas bukit pada punggung bagian barat gunung Pokamba bukanlah tempat aslinya.

Adapun tempat asli dari makam Tedong Tedong Minanga adalah dekat sungai Sariayo , kurang lebih 100 meter di sebelah Barat dari tempatnya yang sekarang . Perpindahan lokasi makam tersebut terjadi akibat banjir yang pernah melanda daerah tersebut dan diperkirakan 300 tahun yang lalu.


Sebagai pesiatifan pemindahan makam tersebut ialah Nenek Sallun dan Bongga Saratu di bawah pengawasan tua-tua Hadat. Tokoh-tokoh siapa yang dimakamkan di Kompleks Makam Tedong Tedong binanga di balla karena begitu tuanya makam tersebut sehingga tidak jelas siapa- siapa yang dimakamkan pada lokasi makam tersebut. Namun, masyarakat Mamasa mengatakan bahwa Makam Tedong Tedong Minanga di Balla adalah pusat pemakaman nenek moyang mereka ratusan tahun yang lalu.

Kalau ada informasi yang menyebutkan nama nama seperti nenek Patompo, nenek Ami yang dianggap terakhir dimakamkan pada makam yang disebut Tanduk Runggu, tetapi tak seorang pun yang mampu menjelaskan /memberikan informasi mengenai siapa siapa yang dimakamkan pada kompleks makam tersebut.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsulsel/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsulsel/kompleks-makam-tedong-tedong-minanga-di-kab-mamasa-yang-terbuat-dari-kayu/
Comments
Loading...