Makam Syekh Tumpo Sawahlunto

0 10

Makam Syekh Tumpo

Syekh Tumpok adalah ulama penyebar agama Islam di daerah Talawi Mudiak sekitar abad 18-19 M. Beliau adalah salah satu murid dari Syekh Burhanuddin. Hingga saat ini makam ini masih sering dikunjungi para peziarah (bersafar) dari Pariaman terutama pada bulan Safar dan Maulud. Dinding cungkup (juga berfungsi sebagai pagar) yang memiliki tinggi kurang lebih satu meter.

Cungkup ini memiliki ukuran: Panjang; 7,7m, Lebar; 4 m, dan Tinggi; 2,5m. pada bagian depan dari bangunan cungkup terdapat semacam beranda yang berukuran 2,47m x 2,15m. sedangkan bentuk atap bergonjong tiga, masing-masing pada sisi kiri dan kanan bangunan serta satu pada bagian depan atau beranda. Di dalam cungkup terdapat dua makam yang memiliki ukuran berbeda. Makam pertama memiliki nisan lebih besar dan tinggi, diperkirakan merupakan makam dari Syekh Tumpok. Makam ini memiliki ukuran: Panjang; 1,92 m, Lebar; 1,15m, dan Tinggi; 1,33 meter. Persis di samping makam pertama terdapat makam ke dua yang berukuran lebih kecil, dengan ukuran; Panjang, 1,89 m, Lebar; 1,24 m, dan Tinggi; 1,11 m.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kota-Sawahlunto.pdf
Comments
Loading...