Makam Syekh Tampek Talang Padangt Pariaman

0 24

Makam Syekh Tampek Talang

Syech Tampek Talang merupakan salah satu murid Syech Burhanuddin Menurut Mak daran Tuanku Iman, Syeh Tampek Talang ini bukan nama sebenarnya karena mengajar dekat talang (bambu) maka disebut Syech Tampek Talang.

Situs ini merupakan kompleks makam yang diberi tembok pagar keliling dari bata berplester semen dengan ukuran panjang 10 m, lebar 4.8 m, dan tinggi 1 m, dengan pintu masuk berada di sisi selatan. Di Dekat lokasi terdapat sebuah pohon besar. Kompleks makam ini terbagi menjadi 3 (tiga) ruang yang masing-masing disekat oleh tembok bata dan besi. Makam Syech Tampek Talang berada di bagian tengah dan diberi pagar keliling dari besi.

Jirat makam telah diberi keramik dengan ukuran tinggi 40 cm, panjang 260 cm, dan lebar 55 cm. Di bagian atas jirat di beri penutup dari kain putih yang diikatkan pada 4 buah besi yang berada di tiap sudut jirat. Nisan makam berupa batu kali tanpa pengerjaan dengan ukuran nisan kepala tinggi 25 cm, tebal 20 cm, dan lebar 27 cm, sementara ukuran nisan kaki tinggi 25 cm, lebar 30 cm, dan tebal 10 cm. Di bagian nisan kaki dan nisan kepala terdapat kemo.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kabupaten-Padang-Pariaman.pdf
Comments
Loading...