Makam Syekh Mutamakkin Pati

0 204

Lokasi Makam Syekh Mutamakkin

Makam Syekh Mutamakkin berada di Desa Kajen, Kecamatan Mergoyoso, Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah. Daya tarik utama dari makam Syekh Mutamakkin ini ialah sejarah, legenda, mitos yang berkembang dalam masyarakat tentang makam tersebut.

Riwayat Syekh Mutamakkin

Mbah Mutamakkin wafat pada 10 muharram, tak diketahui tahun pastinya, namun haulnya diperingati setiap tahun sampai sekarang. Terlepas dari kontroversinya, beliau adalah salah seorang wali yang sangat dalam ilmu agama.

Makam Syekh Mutamakkin

Beliau adalah salah satu ulama yang cukup berpengaruh di Nusantara. Sehingga bukan hal yang aneh apabila makamnya dijadikan tempat wisata religi di Pati. Setiap bulannya, ada sekitar 500 ribu pengunjung datang ke tempat tersebut untuk berziarah ke tempat wisata yang paling sering dikunjungi di daerah Pati tersebut. Beliau hidup di masa pemerintahan Amangkurat IV sampai dengan Paku Buwono II sekitar abad XVIII. Beliau menyebarkan agama Islam di desa Kajen, Margoyoso, Pati Jawa Tengah, terletak 18 km utara kota Pati.

Dalam menyebarkan agama Islam, tentu tidaklah sedikit cobaan yang datang. Sebagai salah seorang Wali, begitu masyarakat menasbihkan, beliau memperjuangkan Islam di desa Kajen hingga jadi desa santri. Dan dari beliaulah, muncul murid-murid seperti Kyai Ronggokusumo (Ngemplak), Kyai Mizan (Margatuhu), keduanya di Pati, dan Raden Sholeh. Yang murid-murid beliau tadi menurunkan ulama-ulama yang dalam ilmunya sekaliber KH. Abdullah Salam (Mbah Dullah Salam), KH. Mahfudh Salam. Keduanya adalah paman dan ayah dari seorang yang alim dan mumpuni dalam agama, yaitu KH MA Sahal Mahfudh (Mbah Sahal Mahfudh). Dan keturunan dari Mbah Mutamakkin mendirikan pesantren-pesantren di desa Kajen dan sekitarnya yang jumlahnya 40-an dan terdapat 8000-an santri.

Source Makam Syekh Mutamakkin Pati Jawa Tengah
Comments
Loading...