Makam Syekh Bentong Karawang

0 1.075

Lokasi Makam Syekh Bentong

Makam Syekh Bentong terletak di Pulokelapa, Lemahabang, Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41383.

Makam Syekh Bentong

Selain Syech Quro di Karawang dikenal juga tokoh yang bernama Syech Bentong. Syech Bentong disebut pula dengan nama Panembahan Pulomasigit atau Syech Darugem. Menurut tradisi lisan masyarakat, Syech Bentong adalah murid Syech Quro yang paling dekat yang kemudian dijadikan anak angkat. Beliaulah yang mendampingi Syech Quro dalam melakukan ujlah di Kampung Pulobata, Pulokalapa. Setelah Syech Quro wafat mungkin beliau melanjutkan islamisasi di sekitar Pulokalapa hingga akhir hayat. Sehingga beliau dimakamkan di Kampung Pulobata, Pulokalapa.

Makam Syech Bentong berada pada bangunan cungkup berukuran 9 x 12 m. Untuk memasuki halaman cungkup makam melalui gerbang masuk yang berada di sisi selatan. Bangunan cungkup terdiri tiga ruangan. Ruangan paling depan merupakan serambi terbuka. Ruang tengah merupakan ruangan tempat para peziarah. Ruang paling dalam merupakan ruang tertutup tempat makam Syech Bentong. Para peziarah tidak diperkenankan memasuki ruang makam. Di depan pintu masuk terdapat tempat pembakaran kemenyan atau hio. Abu sisa pembakaran tampak tertampung pada belanga yang terbuat dari bahan tembikar. Bangunan cungkup merupakan bangunan baru. Lantai dan sebagian dinding dilapi keramik berwarna putih.

Di sebelah timur bangunan Makam Syekh Bentong terdapat masjid berukuran 12 x 12 m. Atap masjid berbentuk tajug tumpang dua. Pada keempat sudut atap terdapat semacam menara. Di belakang masjid terdapat sumur yang dikeramatkan. Sumur ini berada di tengah kolam. Para peziarah yang akan mengambil air sumur harus melewati kolam tersebut. Di sebelah barat bangunan cungkup makam Syech Bentong juga terdapat bangunan masjid. Masjid dilengkapi ruangan khusus untuk jamaah perempuan (pawestren). Atap bangunan utama masjid berbentuk tajug tumpang dua. Ruangan pawestren berada di bagian utara masjid beratap limas memanjang.

Source Makam Syekh Bentong Karawang Jawa Barat
Comments
Loading...