situsbudaya.id

Makam Syekh Abdurrahman Siddiq Riau

0 90

Lokasi Makam Syekh Abdurrahman Siddiq

Makam Syekh Abdurrahman Siddiq terletak di Parit Hidayat, Desa Sapat, Kuala Indragiri, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau.

Makam Syekh Abdurrahman Siddiq

Syekh Abdurrahman Siddiq sendiri, semasa hidupnya dikenal sebagai Mufti Kerajaan Indragiri yang pertama. Dia diangkat pada tahun 1337 H saat Kerajaan Indragiri dipimpin oleh Sultan Mahmud Syah.

20 tahun waktunya dihabiskan untuk mengabdi sebagai Mufti atau Menteri Agama di kerajaan Indragiri ini. Beliau lahir di Kampung Dalam Pagar, Martapura, Kalimantan Selatan, pada tahun 1864 Masehi. Beliau merupakan keturunan dari seorang ulama besar yang pertama kali mengembangkan Islam di Kalimantan, yakni Maulana Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari.

Pada tahun 1913 M, Syekh Abdurrahman Siddiq merantau ke Indragiri. Dia menetap di Sapat, Kuala Indragiri selama 7 tahun. Sebelum akhirnya diangkat sebagai Mufti Kerajaan Indragiri yang berkedudukan di Rengat. Beliau kemudian wafat pada tahun 1930 di Parit Hidayat, Sapat, Kecamatan Kuala Indragiri, Riau.

Di Kampung Sapat ini kita bisa menemukan 2 bangunan makam yang terletak berdekatan. Yakni makam Tuan Guru dan cucunya bernama Damiati atau dikenal dengan Cik Idam. Di bangunan makam Tuan Guru sendiri ada juga 2 pusara lainnya lainnya berdampingan, yakni makam Siti Sa’idah, Mak Cik dari Syekh Abdurrahman Siddiq yang mengasuh beliau sejak ditinggalkan orang tuanya sejak kecil. Sementara di sampingnya lagi adalah makam salah seorang istri beliau.

Di sekitaran makam ini, juga ada makam-makam lainnya yang diketahui sebagai makam para muridnya dan masyarakat sekitar. Sekitar 100 meter dari makam Tuan Guru juga terdapat mesjid yang pernah beliau bangun bersama para muridnya.

Source http://www.tripriau.com/ http://www.tripriau.com/1637/wisata-makam-tuan-guru-sapat-ramai-didatangi-peziarah.html
Comments
Loading...