Makam Syeikh Maliki Alias Sunan Atas Angin Nganjuk

0 38

Makam Syeikh Maliki Alias Sunan Atas Angin

Makam Syeikh Maliki Alias Sunan Atas Angin berada di desa Ngetos Kec Ngetos Kab Nganjuk Jawa Timur. Tentang Sejarah Beliau tak banyak yang bisa di Ungkap, Hanya Saja Menurut Cerita Tutur dan catatan Kuno yg  Dimiliki oleh Pengurus Makam.

Menceritakan Bahwa Syeikh Maliki atau juga disebut Sunan Atas Angin Atau Kyai Ageng Cek Cek Molek adalah salah satu Tokoh Wali Sepuh atau Wali Generasi awal yang menyebarkan agama Islam di Tanah Jawa
Khususnya Di daerah Ngetos Nganjuk Jawa timur.

Didalam catatan tersebut Disebutkan Bahwa Syeikh Maliki adalah masih saudara dengan Syeikh Maulana Jumadil Kubro, Beliau Menyebarkan dan mengembangkan Agama Islam di Wilayah Tersebut karena masyarakatnya pada waktu itu memang masih menganut Keyakinan lama dengan penyembahan terhadap berhala berhala.

Setelah beliau wafat kemudian disemayamkan di sebuah tempat yg sekarang dinamakan  Ngetos,  persis di Sisi barat Dari Candi Ngetos yg berjarak hanya beberapa meter saja. Candi Ngetos itu sendiri menurut sejarah Dibangun dan didirikan atas Perintah Prabu Hayam Wuruk dari Kerajaan Majapahit yang konon deperuntukan sebagai Penyimpanan​ Abu Jasad dari Prabu Hayam Wuruk..

Source https://wisataspiritual1.blogspot.com https://wisataspiritual1.blogspot.com/2018/01/jejak-para-auliya.html
Comments
Loading...