Makam Syech Umar Riau

0 264

Lokasi Makam Syech Umar

Makam Syech Umar terletak di Jalan Syech Umar, sekitar 2 km dari pusat Kota Dumai, Riau.

Makam Syech Umar

Bangunan makam Syech Umar awalnya hanya berbentuk kayu dengan arsitektur khas Melayu. seiring waktu dan pelestarian situs sejarah yang terus diupayakan pemerintah, saat ini bangunan makam ini dibangung dengan batu berbentuk rumah berwarna kuning. Pada bagian depan kompleks bangunan, terdapat sebuah gapura bercat hijau dan kuning. Tertera tulisan selamat datang di situs batu beranak dan makam Syech Umar. Pada bangunan makam, terdapat sebuah kelambu berwarna biru yang bisa dibuka oleh orang-orang yang berziarah. Batu-batu kerikil diletakkan di permukaan makam yang disangga pilar besi kecil.

Saat ini, situs bersejarah ini dikelola oleh salah seorang menantu Syech Umar bernama Khalifah Yunus. Tak hanya makam Syech Umar saja, di dalam kompleks pemakaman ini juga terdapat beberapa makam keluarga dari Syech Umar, diantaranya makam istri Syech Umar, makam dua orang anak Syech Umar yakni Budin dan Siti Maimunah, dan satu makam lagi merupakan makam dari cicit Syech Umar. Keluarga dan keturunan dari Syech Umar sebagian masih banyak yang tinggal dekat kompleks pemakaman untuk menjaga makam situs sejarah tersebut.

Kawasan wisata sejarah makam Syech Umar banyak dikunjungi para wisatawan. Bukan hanya dari daerah Dumai, namun juga ada yang berasal dari luar negeri seperti Malaysia. Mereka para ulama suluk banyak yang ingin membuktikan langsung sejarah dari salah seorang ulama mereka di daerah Dumai yang cukup terkenal.

Untuk para pengunjung yang ingin melihat langsung situs sejarah Makam Syech Umar, perlu diperhatikan kawasan di sini tidak banyak disediakan kuliner. Sehingga bagi peziarah yang datang dari luar daerah sebaiknya bisa lebih dulu beristirahat di pusat kota Dumai. Namun demikian, lokasi situs sejarah ini berada di tepi jalan dan cukup mudah untuk dijangkau oleh kendaraan, baik roda empat maupun roda dua.

Source http://www.riaumagz.com/ http://www.riaumagz.com/2017/10/makam-syech-umar-wisata-kota-dumai.html
Comments
Loading...