situsbudaya.id

Makam Syarif Ali Palembang

0 26

Lokasi Makam Syarif Ali

Makam Syarif Ali terletak  di Jalan Slamet Riyadi, Lorong Manggar, RT 17, RW 02 Kelurahan 5 Ilir Lawang Kidul, Kecamatan Ilir II Kota Palembang.

Makam Syarif Ali

Makam  Syarif Ali dibangun sekitar tahun 1800-an M oleh Pangeran Syarif Ali bin Abu Bakar. Pangeran Syarif Ali adalah menantu anak dari Sultan Husin Dhia’uddin. Selain itu Pangeran Syarif Ali menjabat sebagai wazir bidang keuangan atau bendahara di Kesultanan Palembang Darussalam. Di makam tersebut dibangun sebagai makam keluarga dan penerus Pangeran Syarif Ali. Pada saat ini keseluruhan makam berada pada kepemilikan Yayasan Pangeran Syarif Ali.

Makam Syarif Ali adalah suatu kompleks pemakaman yang dikelilingi oleh tembok semen dengan pintu masuk di sebelah depan merupakan gapura. Ciri gapura makam menunjukkan kekunoan dengan bentuk paduraksa lengkung dihiasi dengan profil mirip sayap dikanan-kirinya. Memasuki kompleks makam didirikan dengan bangunan cungkup utama beratap seng dengan bentuk mirip atap limasan.

Bangunan cungkup utama ditopang dengan tiang-tiang penyangga kayu. Secara keseluruhan kondisi makam cukup utuh dan terawat. Di dalam cungkup terdapat banyak makam yang bentuk nisannya bercirikan tipe Demak-Troloyo dan tipe Aceh. Pada makam-makam dengan nisan bentuk tipe Demak-Troloyo dihiasi dengan sulur-suluran yang raya, terutama pada nisan Pangeran Syarif Ali.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjambi/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjambi/2015/03/03/makam-syarif-ali/
Comments
Loading...