Makam Sunan Prapen

0 158

Makam Sunan Prapen

Syekh Maulana Fatichal atau yang lebih dikenal Sunan Prapen merupakan putra Syaikh Maulana Zainal Abidin (Sunan Dalem) sekaligus cucu Syekh Maulana Ainul Yaqin (Sunan Giri). Sunan Prapen penguasa Giri Kedaton pada 1548-1605 dan membawa ke puncak kejayaannya, Sunan Prapen wafat pada tahun 1605 dan makamnya berada di Desa Klangonan, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Untuk menuju ke makam Sunan Prapen  terdapat trap-trapan undakan yang cukup tinggi untuk menuju ke atas puncak perbukitan untuk sampai di Makam sang Sunan. Batu hitam mendatar yang ada pada undakan ketiga dikenal sebagai Watu Anak, karena menurut kepercayaan batu itu konon bisa membantu pasangan yang ingin mendapat keturunan dengan cara duduk di atasnya. di atas bukit terdapat tiga cungkup yang besar dan terpisah-pisah namun bersisian. Makam Sunan Prapen berada dalam sebuah cungkup yang berarsitektur unik dengan ukiran bernilai seni tinggi. Makam tersebut terletak satu kompleks dengan makam penguasa Giri yang lain, yaitu Panembahan Kawis Guwo (putra Sunan Prapen) yang memimpin Giri pada 1605-1616 dan Panembahan Agung (putra Panembahan Kawis Guwo) yang memerintah Giri pada 1616-1636.

Pada cungkup ada papan berwarna hijau menempel pada blandar ada petikan doa dalam huruf arab, dan disebelahnya terdapat tulisan latin yang berbunyi “Makam Kanjeng Sunan Prapen, lahir tahun 1432. Memerintah Kerajaan Giri Ketiga tahun 1478 sampai wafat 1527”. Di tengahnya terlihat undakan lagi dan lubang masuk ke bagian dalam makam sang sunan. Sepasang patung naga bermuka merah  berbadan abu-abu berada di undakan masuk makam Sunan Prapen, dengan kedua ekornya di puncak lubang pintu. Ornament bunga dan daun dengan warna dominan hijau merah menghias kiri kanan dan bagian atas pintu, ada ukiran berbentuk seperti wajah raksasa di sebelah kiri.

Source https://situsbersejarahkabupatengresik.wordpress.com https://situsbersejarahkabupatengresik.wordpress.com/makam/makam-sunan-prapen/
Comments
Loading...