Makam Sunan Pandanaran Klaten

0 143

Lokasi Makam Sunan Pandanaran di Klaten

 

Makam ini terletak di Jl. Sunan Pandanaran, Paseban, Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Komplek Makam Sunan Pandanaran merupakan  salah satu wisata religi atau ziarah makam.

Sejarah Makam Sunan Pandanaran

Makam Sunan Pandanaran atau biasa dikenal dengan sebutan Sunan Bayat (Tembayat). Makam ini konon dibangun sejak 1526 Masehi. Makam Sunan Pandanaran ini terletak di atas bukit sehingga kita harus menapaki anak tangga yang jumlahnya ratusan untuk menuju kesana. Disebelah kanan dan kiri tangga banyak terdapat kios-kios yang menwarkan oleh-oleh khas Bayat, pakaian, makanan.

Dibagian ujung tangga naik terdapat masjid usianya setua usia kompleks makam ini. Ukurannya kecil, bahkan untuk masuk masjid harus menundukkan kepala. Arsitektur masjid Jawa dengan 4 soko guru. Beberapa bagian telah mengalami renovasi karena rusak terkena gempa tahun 2006 lalu.

Makam Sunan Pandanaran

Memasuki kawasan makam, gerbang gapura berbentuk candi bentar dengan susunan balok batu dan ukiran yang khas. Di dekat gapura terdapat dua buah gentong yang terdapat ukiran naga sehingga disebut Gentong Sinogo. Didekatnya disediakan gelas untuk meminum air yang ada pada gentong tersebut. Di dekat area ini juga terdapat beberapa makam.

Kemudian mencapai tingkatan makam yang paling tinggi, yaitu Makam Sunan Pandanaran beserta kedua istrinya yang terletak di dalam sebuah bangunan. Memasuki bangunan ini, pengunjung dipersilakan melepas alas kaki dan bersikap tenang ketika memasuki makam. Didalam bangunan yang gelap ini, cukup banyak peziarah yang memanjatkan do’a. Arsitektur di makam menghubungkan seni arsitektur zaman Majapahit dengan periode zaman perkembangan Islam di Jawa walaupun saya merasa kesan budaya Hindu masih terlihat cukup kental di Makam Sunan Pandanaran ini.

Source Makam Sunan Pandanaran Klaten
Comments
Loading...