Makam Sultan Kasedengan Riau

0 84

Lokasi Makam Sultan Kasedengan

Makam Sultan Kasedengan terletak di Jl. Kompleks Narasinga II, Kec. Rengat Barat, Kab. Indragiri Hulu, Riau.

Makam Sultan Kasedengan

Sultan Kasedengan bukan merupakan sultan yang mempunyai kekuasaan (raja), tetapi semacam pejabat pengawas (Sultan Pengawas) yang bertugas mengawasi aset-aset Kerajaan Indragiri di Deli-Serdang. Jadi Sultan Kasedengan bukan termasuk deretan sultan-sultan Indragiri yang mempunyai kekuasaan di wilayah tertentu.

Sultan Kasedengan adalah seorang tokoh Ulama Melayu Islam yang berasal dari kesultanan Melayu Kerajaan Serdang, bernama Raja Ahmat Alamsyah Putra, Gelar Sultan Kesedangan Indaragiri. Selain sebagai seorang ulama beliau juga seorang Laksamana dari Sultan Iskandar Muda Aceh yang pernah menaklukkan Pantai Timur dan Pantai Barat Sumatra,serta menaklukkan Perak dan Pahang.

Beliau datang ke Kerajaan Indragiri karena menghindari terjadinya kudeta perang saudara perebutan Tahta di Kerajaan Deli Serdang. Beliau datang kekerajaan Indragiri semasa Pemerintahan Sultan Jamaluddin Sulaimansyah, Sultan Kerajaan Indragiri yang ke 8 (Delapan) yang memerintah sekitar tahun 1658 – 1669 M. Di Kerajaan Indragiri Raja Ahmad Alamsyah Putra gelar Sultan Kesedangan Indragiri diangkat menjadi Raja Ibadat (Khalifahtullah Fi’l Ardh).

Makam Sultan Kasedengan berada di sebelah barat kompleks makam Narasinga II dengan jarak lebih kurang 100 meter. Nisan makam Sultan Kasedengan terbuat dari granit dan jirat dilapisi porselin warna putih dengan panjang jirat 235 cm dan lebar 122 cm. Nisannya berbentuk tanduk kerbau yang bagian atasnya terdapat ragam hias ceplok bunga dan pilin. Tinggi nisan 70 cm, lebar 31 cm dan tebal 13 cm. Bagian dasar nisan berbentuk segi empat dengan dua ukiran berbentuk segi empat yang dipahat serta di bagian atasnya ada satu bonggolan yang dibagian tengahnya berbentuk segitiga.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/2017/08/20/kompleks-makam-sultan-kasedengan/
Comments
Loading...