Makam Sultan Hasanuddin Gowa Sulawesi Selatan

0 1.584

Lokasi Makam Sultan Hasanuddin Gowa

Makam Sultan Hasanuddin Gowa terletak di Makassar, Sulawesi Selatan, Katangka, Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan 92114.

Makam Sultan Hasanuddin Gowa

Makam Sultan Hasanuddin, Pahlawan Nasional karena peranannya dalam berperang melawan tentara Belanda, berada di tempat terbuka tanpa cungkup dalam deretan makam Raja-Raja Gowa lainnya.

Kompleks makam Raja-Raja Gowa ini ada dua bagian yang dipisahkan oleh sebuah pendopo. Hanya beberapa pohon berukuran sedang yang ada di sekitar makam, dan tidak cukup rindang untuk memberi perlindungan bagi pengunjung terhadap sengat matahari Sulawesi Selatan yang tidak memiliki belas kasihan.

Bendera Merah Putih berkibar di kompleks Makam Sultan Hasanuddin Gowa yang hampir semua kijingnya dibuat dari batu yang unik dan megah. Membaca riwayat sejarah, pada 1654 sang sultan tercatat mengirim armada tempur berkekuatan 100 kapal untuk membantu rakyat Maluku melawan armada Belanda yang berada di bawah komando De Vlamingh Van Oudshoorn. Pertempuran besar ini dikenal sebagai Perang Hongi.

Pada tahun 1655, kembali kedudukan Belanda di Buton diserang oleh pasukan Sultan Hasanuddin yang akhirnya berhasil membebaskan Buton dan Tobea dari tangan Belanda. Pada tahun 1660, armada Gowa kembali berperang melawan 22 kapal perang Belanda yang berkekuatan 1.764 orang di bawah komando John Van Dam yang datang dari Batavia.

Makam Sultan Hasanuddin Gowa ada deretan kubur batu ini dengan tanda kubur berwarna keputihan, dengan sebuah patung ayam jantan bertengger di atas makamnya. Sultan Hasanuddin memang dikenal sebagai raja dengan julukan Ayam Jantan dari Timur, untuk menghormati keberanian dan kegigihannya dalam melawan hegemoni Belanda.

Sultan Hasanuddin lahir pada 1629, turun tahta pada 1668 dan wafat 1670. Ia mendapat gelar Pahlawan Nasional pada 16 November 1973. Makam Sultan Alauddin, Raja Gowa XIV, dengan lorong persegi di dasarnya, ada di dalam kompleks makam ini. Sultan Alauddin adalah Raja Gowa yang berperan besar dalam penyebaran ajaran Islam di Kerajaan Gowa.

Source http://www.aroengbinang.com/ http://www.aroengbinang.com/2017/11/makam-sultan-hasanuddin-gowa.html
Comments
Loading...