Makam Siti Fatimah binti Maimun Gresik

0 201

Lokasi Makam Siti Fatimah binti Maimun Gresik

Makam Siti Fatimah binti Maimun Gresik terletak di Jl. Raya Manyar, Peganden, Manyar, Kabupaten Gresik, Jawa Timur 61151.

Makam Siti Fatimah binti Maimun Gresik

Makam Siti Fatimah binti Maimun Gresik adalah makam Islam tertua di Asia Tenggara. Siti Fatimah binti Maiumun konon merupakan penyebar agama Islam di wilayah Giri sebelum Maulana Malik Ibrahim atau Sunan Gresik, wali paling senior diantara wali songo. Selain keunikan cungkup yang terbuat dari batu putih yang sangat tebal dan tinggi, di kompleks makam yang sangat luas ini juga terdapat beberapa kubur yang sangat panjang. Lantaran jauh lebih panjang dari kubur yang lazim, sehingga makam itu sering disebut sebagai Makam Panjang. Bentuk kubur unik yang baru pertama kali saya lihat di tempat ini.

Orang pertama yang menemukan dan membaca inskripsi Batu Nisan Leran adalah peneliti asal Belanda bernama JP Moquette pada 1911, kemudian Paul Ravaisse (berkebangsaan Perancis) melakukan beberapa perbaikan. Adalah Mohammad Yamin yang membaca angka tahun 475 H atau 1082 M, bukan 495, sebagai tahun meninggalnya Siti Fatimah karena wabah yang sangat ganas.

Gapura luar Makam Siti Fatimah binti Maimun tidak tinggi, dan papan nama yang digantung pada struktur pipa. Meskipun papan namanya terlihat sudah menua, namun terlihat antik. Justru struktur pipa besinya yang malah merusak pemandangan Makam Siti Fatimah binti Maimun ini, karena tak sejalan dengan karakter temboknya. Candi bentar akan sangat cocok di sini.

Siti Fatimah, yang juga dikenal dengan nama Putri Dewi Retno Swari atau Dewi Swara, adalah puteri dari seorang pria yang bernama Maimun asal negeri Iran. Ibunya bernama Dewi Aminah yang berasal dari Aceh dan melahirkannya pada 1064. Sumber lain menyebut bahwa Siti Fatimah binti Maimun berasal dari negeri Negeri Kedah yang ada di Malaka.

Source Makam Siti Fatimah binti Maimun Gresik Jawa Timur
Comments
Loading...