Makam Si Badang Riau

0 33

Makam Si Badang

Dalam sejarah lokal, si Badang merupakan hulubalang Kesultanan Lingga-Riau. Ia dikenal memiliki kekuatan dan kesaktian yang sangat hebat. Dengan kekuatan dan kesaktiannya dapat menumpas kumpulan para perompak laut yang mengganggu di sekitar perairan yang menjadi wilayah kekuasaan Kesultanan Lingga-Riau.6 Sampai saat ini makam ini sangat dikeramatkan oleh masyarakat Karimun, masih banyak yang datang menziarahi makam ini. Makam si badang merupakan makam tunggal yang berada di areal hutan yang berukuran sangat panjang, yaitu panjang 427 cm dan lebar 60,05 cm.

Jirat makam terbuat dari plesteran semen dan dibagian tengahnya dibiarkan tanpa plesteran, plesteran ini dibuat sekitar tahun 1990. Jirat ini berukuran panjang 427 cm dan lebar sisi utara dan selatan 10 cm sedangkan lebar sisi barat dan timur 8,2 cm. Nisan makam terbuat dari batu alam dengan jejak-jejak bekas pengikisan oleh air yang membentuk garis linear. Jejak-jejak ini bukan merupakan hasil pengerjaan. Makam ini telah diberi cungkup yang dibangun oleh Dinas Pariwisata, Seni, dan Kebudayaan Kabupaten Karimun pada tahun 2007. Cungkup berdenah persegi panjang berukuran 4,82m x 6,03m terbuat dari bata berplester semen dan atap terbuat dari coran semen berbentuk seperti kubah.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kabupaten-Karimun.pdf
Comments
Loading...