Makam Ronggowarsito Klaten

0 807

Makam Ronggowarsito

Tempat ini berupa sebuah kompleks kuburan kuno yang ada di Dusun Kedon, Palar, Trucuk, Klaten, Jawa Tengah. Di areal kompleks makam seluas kurang lebih 100 meter persegi ini, di sinilah makam para leluhur dan para pendiri kota Klaten ini dimakamkan.Di Makam ini pula bersemayam jasad seorang tokoh besar dalam sejarah cerita babad tanah Jawa, yaitu Raden Ngabei Ronggowarsito.

Sosok Ronggowarsito

Ronggowarsito adalah seorang tokoh pujangga alias peramal ulung yang sangat disegani oleh para raja-raja yang ada di tanah Jawa. Ronggowarsito lahir di Yosodipura, Surakarta, Jawa Tengah, dengan nama kecil yaitu Bagus Burhan. Dalam penanggalan Jawa, Ronggowarsito terlahir pada tanggal 10 Dzulkaidah, tahun Be 1728, wuku Sungsang, atau dalam hitungan penanggalan Masehi berarti tanggal 15 Maret 1802, tepat pukul 12 siang.

Karena kepekaan spiritual dan olah kebatinan yang dimilikinya, Ronggowarsito akhirnya didaulat oleh Keraton Surakarta untuk menjadi peramal istana. Ronggowarsito mengabdi sebagai ahli ramal Keraton Surakarta ini sejak masa pemerintahan Sultan PB VII hingga Sultan PB VIII di keraton tersebut. Berkat ramalan-ramalan dari Ronggowarsito, Keraton Surakarta sempat mengalami masa kejayaan dan menjadi kerajaan yang disegani di kawasan tanah Jawa. Ronggowarsito meninggal dunia pada tahun 1873 dalam usia 71 tahun. Ronggowarsito meninggal dunia pada tahun 1873 dalam usia 71 tahun. Dalam salah satu wasiat terakhirnya, Ronggowarsito berpesan untuk dimakamkam berdekatan dengan pusara kakeknya, yaitu Sudiro Dirjo Gantang di kompleks dimana kini makam Ronggowarsito berada.

Bangunan Makam Ronggowarsito

                                                                                       Makam Ronggowarsito

Makamnya terbuat dari batu pualam putih bertuliskan huruf jawa. Terdapat empat pilar di sekeliling makam lengkap dengan kelambu putih. Di depan makam ada tempat bagi para peziarah untuk menaruh bunga dan berdoa.

Source Makam Ronggowarsito Klaten Jawa Tengah
Comments
Loading...