Makam Raja Sultan Hurudji Gorontalo

0 120

Lokasi Makam Raja Sultan Hurudji

Makam Raja Sultan Hurudji ini terletak di Desa Modelomo Kecamatan Tilamuta, Provinsi Gorontalo.

Makam Raja Sultan Hurudji

Raja Hurudji beserta isterinya, Tawila wafat pada tahun 1686 M yang saat itu bertepatan hari Jumat secara bersamaan dan hanya dibedakan oleh waktu. Keduanya dimakamkan di atas sebuah bukit kecil yang kini nampak megah ini. Makam ini terletak di Desa Modelomo Kecamatan Tilamuta atau tepat berada di tepi jalan ketika hendak menuju Pelabuhan Perikanan. Posisi makam Raja Sultan Hurudji berada di dalam mesjid.

Sebenarnya, makam ini tidak berada dalam masjid jika melihat sejumlah arsip akhir tahun 2006. Artinya, masjid sengaja dibangun di lokasi makam agar nampak bahwa makam tersebut berada dalam masjid dan untuk melindungi makam ini, agar sejarahnya tak akan lapuk oleh zaman. Dan Sejarah kerajaan Boalemo ini dijadikan dasar oleh pemerintah ketika menggagas terbentuknya Kabupaten Boalemo yang pisah dari Kabupaten Gorontalo.

Keberadaan makam ini, telah di renovasi pada tahun 1998-1999, yakni pada saat Gorontalo masih tergabung dalam wilayah Provinsi Sulawesi Utara di era pemerintahan Gubernur Sulut E.E. Mangindaan dan Wakil Gubernur Prof. DR. H.H.A. Nusi. Perbaikan makam sultan hurudji kembali dilaksanakan pada tahun 2001, setelah Provinsi Gorontalo resmi berdiri. Saat itu, bantuan renovasi oleh pejabat Gubernur Gorontalo, H. Tursandi Alwi melalui Dinas Perhubungan dan Parpostel Provinsi Gorontalo pada proyek APBD Provinsi Gorontalo tahun anggaran 2001-2002.

Source http://www.gorontalofamily.org http://www.gorontalofamily.org/wisata-sejarah/makam-raja-sultan-hurudji.html
Comments
Loading...