Makam Raja-Raja Kerajaan Inderapura

0 20

Makam Raja-Raja Kerajaan Inderapura

Kerajaan Inderapura terletak di wilayah kabupaten pesisir selatan provinsi sumatera barat dan berbatasan dengan provinsi Bengkulu dan Jambi. Kerajaan ini adalah salah satu kerajaan islam yang ada di pulau sumatera dan pernah menjadi bawahan (vazal) Kerajaan Pagaruyung. Namun dalam pemerintahaannya kerajaan ini berdiri sendiri dan bebas mengatur urusan pemerintahannya.Pemakaman Raja-Raja Indrapura ini terkait dengan perkembangan Kerajaan Indrapura pada dahulunya yang berkembang sekitar abad 15 masehi. Salah satu tokoh yang dimakamkan disini adalah Sultan Firmansyah.5 . dengan nisan makam terbuat dari susunan bata yang diberi lepa.

Kompleks makam ini telah bercungkup berukuran panjang 2,82 meter dan lebar 1,88 meter. Dalam cungkup terdapat 3 buah makam, makam Sultan Firmansyah berada di tengah, disisi kiri-kanannya merupakan istri-istri beliau. Makam Sultan Firmansyah sekelilingnya diberi pagar besi setinggi ± 70 cm. Nisan makam terbuat dari batu dengan pengerjaan sederhana, yang menarik masing-masing sisi terdapat 2 buah nisan, Nisan kecil dibagian dalam dan nisan besar dibagian luar. Lingkungannya berupa pemakaman umum, jumlah makam yang terdapat di kompleks makam ini ± 30 buah makam. Pagar untuk memasuki situs dari pagar yang hanya menggunakan kayu sudah diganti dengan pagar besi.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kabupaten-Pesisir-Selatan.pdf
Comments
Loading...