Makam Raja-Raja Banggae dan Hadat Mandar Majene

0 32

Makam Raja-Raja Banggae dan Hadat Mandar Majene

Ada banyak tempat wisata sejarah dan titik-titik cagar budaya yang dapat anda kunjungi ketika berada di kabupaten Majene, Sulawesi Barat. Salah satunya adalah kompleks makam Raja Yabf terletak di Buttu Ondongang. Dalam kompleks ini terdapat beberapa makam berukuran cukup besar yang tingginya melebihi manusia dewasa. Tinggi makam sampai sekitar 2-2,5 meter. Merupakan kompleks pemakaman yang diperuntukkan bagi kaum maraqdia atau raja dan bangsawan di Banggae.

Menurut penelitian sejarah atau arkeologi yang dilakukan di dalam kompleks, diperkirakan bahwa situs pemakaman kerajaan dapat ditelusuri sampai abad ke-16 dan ke-17. Banyak pihak yang mengatakan bahwa lokasi puncak bukit ini dipilih dengan alasan supaya nenek moyang Kerajaan Banggae Majene bisa mengawasi keturunan mereka yang hidup di bawah bukit.

Kompleks pemakaman ini memuat sekitar 480 makam. Setiap makam ini dibuat dari bahan-bahan yang variatif, mulai dari batu tanah, batu lava, juga kayu. Makan ini pun kemudian diberikan hiasan dengan semacam simbol geometris, termasuk juga kaligrafi Arab dan simbol swastika.

Kompleks Makam Raja-Raja Banggae dan Hadat telah terdaftar sebagai Cagar Budaya, konservasi pun terus dilakukan. Dengan mengunjungi kompleks pemakaman ini Anda bisa lebih mempelajari secuil sejarah dan kebudayaan masa lalu Nusantara.

Lokasi kompleks pemakaman ini terletak di bagian belakang kantor Bupati Majene. Dari Mamuju Anda bisa melewati jalan antar kota langsung menuju Majene dengan lama perjalanan sekitar 3 setengah jam.

Source http://www.inditourist.com http://www.inditourist.com/read/wisata-sejarah-makam-raja-raja-banggae-dan-hadat-mandar-majene.html
Comments
Loading...