Makam Raja Muhammad Yusuf (Makam Merah) Kab. Lingga

0 20

Makam Raja Muhammad Yusuf (Makam Merah)

Situs Makam Merah berada sekitar 800 meter di sebelah timur situs Istana Damnah. Tokoh yang dimakamkan di situs makam ini adalah Yang Dipertuan Muda Riau X Raja Muhammad Yusuf (1859-1900). Dinamakan Makam merah karena dahulu lantai selasar dan bangunan cungkupnya berwarna merah semua sehingga dikenal dengan nama Makam Merah.

Bangunan Makam Merah berupa bangunan cungkup berbentuk bujursangkar berukuran 12 x 12 meter yang di tengah-tengahnya berupa halaman terbuka tanpa atap. Sehingga bangunan cungkup tersebut sebenarnya bukan untuk melindungi makamnya tetapi untuk melindungi selasar yang mengelilingi makam Raja Muhammad Yusuf yang berada di tengah-tengah. Lebar selasar ini adalah 3,30 meter dengan lantai tegel berwarna merah.

Bangunan cungkupnya ditopang oleh 32 buah tiang yang masih asli yang terbuat dari besi silinder, dengan tinggi 2,83 meter pada deret tiang luar dan tinggi 2,10 meter pada deret tiang dalam. Antara sisi dalam selasar dengan makam dibatasi oleh dinding jeruji besi yang juga masih asli setinggi 80 cm. Di luar bangunan cungkup ini berupa halaman yang dibatasi dengan pagar keliling jeruiji besi pada sisi pada barat dan tembok bata pada sisi utara, timur, dan selatan setinggi 1,5 meter.

Luas halaman ini berukuran 28 x 24,30 meter. Di luar pagar keliling sebelah barat terdapat bangunan werkeet yang dibuat bersamaan dengan pemugaran kompleks makam ini oleh Proyek Pembinaan dan Pelestarian Kepurbakalaan Kanwil Depdikbud Riau pada tahun 1994. Makam Raja Muhammad Yusuf berada di tengah-tengah dengan sepasang nisan berbentuk gada dari batu andesit. Makam ini tanpa jirat dan jarak antara nisan di bagian utara dan selatan 1,90 meter, dengan tinggi nisan 80 cm dari permukaan tanah.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/wp-content/uploads/sites/28/2018/08/Cagar-Budaya-Kabupaten-Lingga.pdf
Comments
Loading...